Dari Croffle hingga Cromboloni: Inilah 5 Kreasi Croissant Ini Bikin Goyang Lidah, jadi Food Hybrid Viral

Dari Croffle hingga Cromboloni: Inilah 5 Kreasi Croissant Ini Bikin Goyang Lidah, jadi Food Hybrid Viral
food hybrid: cntraveler.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Croissant adalah tren kuliner Indonesia saat ini. Croissant adalah jenis pastry khas Prancis yang berbentuk bulan sabit dengan berbagai lapisan pastry. Sebelum di panggang, bagian luarnya di beri olesan mentega untuk membuatnya berkilau. Dengan rasa buttery aslinya, croissant sudah cukup enak. Namun, beberapa toko roti menambahkan topping seperti kacang almond dan cokelat atau filling untuk membuatnya lebih lezat.

Dominasi croissant menjadi semakin populer setelah di buatnya beragam kreasi paduan croissant dengan kudapan lain. Hal ini menciptakan fenomena food hybrid yang baru bagi croissant. Lalu, seperti apa saja food hybrid dari kudapan croissant ini? Simak ulasannya, ya!

1. Croffle

Croffle adalah kudapan manis yang di buat dengan menggabungkan croissant dan wafel, dua jenis makanan yang sangat berbeda. Croissant adalah roti kering khas Prancis dengan rasa gurih dan tekstur renyah berbentuk bulan sabit. Kudapan yang populer di Amerika Serikat dan Belgia ini, yang lebih padat daripada croissant, memiliki bentuk kotak dan berbentuk kue. Sebagian besar waffles memiliki topping gula pasir, es krim, dan buah-buahan.

Baca Juga:Asiknya Buat Tempat Camping, Mangli Sky View: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas SeruNuansa Balap Hadir dari Eksterior hingga Wallpaper: Xiaomi Rilis Harga Redmi K70 Pro Automobili Lamborghini Edition

Seperti namanya, croffle di buat dengan memasukkan adonan croissant ke dalam cetakan waffle. Seperti waffle, mereka juga di sajikan dengan berbagai topping, dari manis hingga gurih. Pada tahun 2020, Croffle menjadi viral di Korea Selatan dan sangat populer di Indonesia selama pandemi.

Untuk kamu yang berada di Jakarta, bisa coba cicipi pastry unik ini di beberapa gerai bakery seperti Dear Butter, Bakerman, dan Don Bakeshop.

2. Cronut

Cronut adalah kudapan croissant lain yang unik. Adalah paduan adonan croissant dan doughnut yang manis. Tekstur renyah adonan croissant di padukan dengan rasa manis donut. Cronut adalah cemilan baru yang dapat di makan bersama teh atau kopi.

Dominique Ansel, seorang chef pastry asal Prancis yang telah banyak berkarir di kota New York, memperkenalkan Cronut. Dominique membuat cronut terbaiknya dalam waktu yang cukup lama. Ini di sebabkan oleh fakta bahwa cronut memadukan dua jenis kudapan yang berbeda. Adonan croissant yang di gunakan untuk membuat cronut harus di goreng jika croissant biasa di panggang. Dominique Ansel menghadapi masalah ini dengan cara yang unik.

Kerja kerasnya pun berbuah manis. Sejak penjualan pertama cronut pada 10 Mei 2013, cronut menjadi tren kuliner paling di buru di New York.

3. Cromboloni

Sampai akhir tahun 2023, croissant akan menjadi tren kuliner baru. Karena kombinasi croissant dan bomboloni, crombuli menjadi kudapan viral. Bomboloni adalah jenis donut Italia berbentuk bulat tanpa cincin yang di isi di bagian tengahnya dengan filling yang berbeda, seperti selai, cokelat, atau vanilla.

Cromboloni menjadi unik karena saat memakannya bukanlah tekstur lembut seperti bomboloni yang kita rasakan melainkan sensasi kress dan renyahnya lapisan pastry. Cromboloni ini di buat dengan menggulung adonan pastry hingga berbentuk lapisan melingkar. Setelah adonan matang di panggang, barulah di isi dengan isian khas seperti bomboloni dan tambahan topping.

Baca Juga:Punya Segudang Kecanggihan: Inilah Spesifikasi Honor Vision, TV Canggih Layaknya SmartphoneSangat Cocok untuk Milenial dan Gen Z: Keunggulan Smart TV AIoT dari Sharp, Bisa Diajak Bicara!

4. Cronigiri

Jika selama ini croissant di padukan dengan kudapan manis lain, kali ini ada kreasi unik dari croissant yang menjadi cemilan viral di Korea Selatan bernama cronigiri. Cronigiri merupakan hasil perkawinan antara croissant dengan kudapan gurih onigiri.

Croissant segitiga yang renyah dan isian gurih seperti onigiri, seperti tuna mayo, daging, dan salmon, di gabungkan dengan nori. Untuk menikmati croissant dengan rasa yang tidak biasa, campuran yang unik ini sangat cocok.

Buat kamu yang mau mencoba sensasi unik dari cronigiri, kamu bisa mendatangi gerai restoran Kintaro Sushi di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

5. Crolato

Makanan hybrid sedang mendominasi croissant. Kali ini muncul istilah crolato setelah croissant dan gelato, es krim khas Italia. Kudapan ini hampir sama dengan croissant sandwich yang di beri es krim di beberapa toko roti di New York.

Penyajian crolato di modifikasi dengan menjadikan croissant sebagai cup untuk es krim gelato. Bisa kamu bayangkan bagaimana renyahnya croissant di padukan dengan sensasi dingin dan beragam rasa lezat dari es krim gelato. Belum lagi, tambahan topping lainnya. Di Indonesia, kamu bisa mencicipi sensasi crolato yang di jual di gerai Butteria Pondok Indah Mall.

Dari berbagai macam food hybrid croissant di atas, mana yang sudah pernah kamu coba?

0 Komentar