Destinasi Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi: 5 Masjid dengan Arsitektur Paling Unik di Padang, Pernah ke Sini?

Destinasi Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi: 5 Masjid dengan Arsitektur Paling Unik di Padang, Pernah ke Sini?
masjid dengan arsitektur paling unik di padang: Masjid Al-Hakim (minanews.net)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kota Padang mungkin salah satu kota terbesar di Sumatra Barat. Kota Padang terkenal karena wisata kulinernya yang lezat dan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga memiliki kekayaan budaya yang kuat, seperti yang dapat di lihat dari beberapa bangunan masjid yang ada di sana.

Masjid di sana tidak hanya di jadikan sebagai tempat ibadah, lho. Beberapa di antaranya mengusung desain arsitektur unik yang sarat akan nilai budaya dan sejarah. Penasaran ada di mana saja? Berikut lima masjid dengan arsitektur paling unik di Padang. 

1. Masjid Raya Ganting

Sesuai dengan namanya, masjid yang satu ini berada di Jalan Ganting, Ganting Parak Gadang, Padang. Masjid yang merupakan peninggalan abad ke-19 ini di katakan sebagai masjid tertua di Padang. 

Baca Juga:Menawarkan Pengalam yang Seru dan Edukatif: Inilah 5 Rekomendasi Tempat Bermain Anak Paling Populer di BSDAnak Bisa Bebas Beraktivitas di Area Terbuka: Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Sentul yang Seru buat Liburan Akhir Tahun

Masjid yang berukuran 30×30 meter persegi ini mengusung desain arsitektur yang cukup unik, karena memadukan antara desain Timur Tengah, China, dan corak Eropa. Keunikan lainnya terletak pada tiang-tiang yang berjejer dalam lima baris dan di dominasi warna putih.

Lokasi: Jalan Ganting Nomor 1, Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat. 

2. Masjid Raya Sumatra Barat

Berlibur ke Padang tentu tak lengkap bila belum melihat secara langsung kebanggaan masyarakat Sumatra Barat. Masjid Raya Sumatra Barat atau lebih di kenal dengan Masjid Mahligai Minang ini merupakan masjid terbesar dan termegah yang dapat kalian temukan di Sumatra Barat.

Dengan luas bangunan mencapai 18.000 meter persegi, arsitektur masjid ini cukup unik dengan menggunakan material tahan gempa. Alih-alih menggunakan kubah, atap masjid ini di desain menyerupai Rumah Gadang. 

Lokasi: Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Masjid Taqwa Muhammadiyah

Selanjutnya, ada Masjid Taqwa Muhammadiyah. Masjid ini tidak hanya memiliki desain arsitektur yang unik, tetapi juga salah satu masjid terbesar yang ada di Indonesia. 

Masjid yang berlokasi di kawasan Pasar Raya Padang ini pertama kali di bangun pada tahun 1961. Awalnya hanya berupa bangunan berlantai dua yang di tandai dengan kubah. Setelah kerusahan berat yang terjadi pada tahun 1975, masjid kembali di bangun dengan desain yang lebih modern. 

Baca Juga:Sebagian Tempat Menyajikan Pesta Kembang Api: Inilah 7 Tempat Merayakan Tahun Baru di Cirebon, Banyak Hiburan SeruTempat Seru untuk Menikmati Pesta Kembang Api: Rekomendasi Tempat Merayakan Tahun Baru di Bandung yang Semarak dan Seru

Lokasi: Jalan Pasar Raya II Nomor 54, Kp. Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Masjid Al-Hakim

Masjid Al-Hakim sering di sebut dengan Taj Mahal-nya Padang. Selain desain arsitekturnya yang menarik perhatian, masjid yang satu ini juga populer di kalangan wisatawan, karena lokasinya yang berada di tepi pantai.

Salah satu kelebihan dari masjid yang jarang di temukan di masjid lain yakni tersedianya tangga atau jalan khusus bagi kaum difabel. Keren, bukan?

Lokasi: Jalan Samudera, Kelurahan Berok Nipah, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Masjid Muhammadan

Jika kamu berkunjung ke kawasan Kota Tua Padang, rasanya tak lengkap bila belum mengunjungi Masjid Muhammadan yang ada di sana. Saat berkunjung ke sini, kalian akan di buat terpukau dengan desain arsitekturnya yang unik dengan dominasi warna putih dan hijau. 

Masjid yang sudah berdiri sejak 1924 ini lebarnya 15 meter dengan panjang 25 meter yang terdiri dari tiga lantai. Lantai dasarnya di gunakan untuk tempat salat. Sedangkan, lantai dua dan tiganya di gunakan sebagai tempat istirahat, serta beberapa keperluan lainnya. 

Lokasi: Jalan Ps. Batipuh, Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Dengan desain arsitektur masjid yang memukau, Kota Padang tidak hanya menjadi destinasi wisata alam yang indah, tetapi juga menyajikan warisan budaya yang menarik. Dari lima masjid dengan arsitektur paling unik di Padang tersebut, kamu sudah pernah mengunjungi masjid yang mana, nih? 

0 Komentar