Kira-Kira Bolehkah Minum Kopi Sebelum Olahraga? Temukan Jawabannya di Sini – Ada Banyak Manfaat yang Bisa Dirasakan

new.yesdok.com
new.yesdok.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin banyak dari kita yang mengetahui bahwa meminum kopi ini bisa menghilangkan rasa ngantuk. Tetapi apakah kamu tahu bahwa minum kopi sebelum olahraga juga ternyata ada manfaatnya juga, loh bagi kesehatan tubuh.

Menurut beberapa penelitian, minum kopi sebelum olahraga ini dapat membantu meningkatkan performa dan daya tahan tubuh saat berolahraga. Studi di dalam jurnal PloS One mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi satu jam sebelum olahraga bersepeda bisa membantu atlet meningkatkan performa dan kecepatan hingga 5 persen.

Namun, perlu di ingat juga bahwa mengonsumsu kopi ini ada batasa wajarnya, setidaknya 3 – 6 mg/kg massa tubuh. Kamu bisa mengonsumsunya 1-2 cangkir saja sudah cukup. Nah, berikut ada beberapa manfaat minum kopi sebelum olahraga.

Baca Juga:Bikin Ngiler! Yuk, Siapkan List Makanan Khas untuk Menyambut Tahun Baru Kamu Agar Lebih BerkesanBisa Menghilangkan Noda di Wajah Kamu, Ini Dia Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik – Harga Mulai Dari 20 Ribuan

Manfaat Kopi Sebelum Olahraga

1. Mencegah Nyeri Otot

Menurut penelitian di dalam The Journal of Strength & Conditioning Research minum kopi sekitar satu jam sebelum berolahraga bisa mengurangi myalgia atau nyeri otot untuk hari kedua dan ketiga setelah berolahraga. Hal ini karena kafein bekerja dengan cara menghambat adenosine, yakni zat kimia yang menyebabkan rasa sakit setelah olahraga intensif.

2. Meningkatkan Oksidasi Lemak

Manfaat lainnya bisa meningkatkan oksidasi lemak. Hal tersebut ada dalam studi yang di terbitkan dalam Journal of The International Society Sports Nutrition. Dengan mengonsumsi kafein 30 menit sebelum berolahraga, bisa membantu menyediakan cadangan energi yang di butuhkan dalam bentuk glikogen otot dan hati.

3. Menguatkan Otot

Ternyata dengan minum kopi sebelum olahraga ini bisa dan mampu menguatkan otot juga, loh. Ulasan di dalam Journal of The International Society of Sports Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas, yakni lengan dengan lebih baik di bandingkan otot tubuh bagian bawah (kaki).

4. Mengurangi Rasa Lelah

Di dalam sebuah jurnal Nutrients menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dengan dosis mulai dari 3 – 9 mg/kg massa tubuh atau sama dengan 1- 3 cangkir kopi sehari, sehingga bisa mengurangi rasa lelah selama berlari.

Hal tersebut karena kafein bisa mengurangi rasa lelah dan ketidaknyamanan yang di rasakan saat olahraga dengan cara meningkatkan produksi ß-endorfin dan dopamin.

***

0 Komentar