Mengapa Android TV Box Tidak Mau Menyala? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Android TV Box Tidak Mau Menyala (Bleza Komputer)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Setelah siaran analog bergeser menjadi siaran digital, kini masyarakat mulai beralih menggunakan layanan streaming. Meskipun tidak semua orang melakukan orang tersebut, namun bagi yang menikmati layanan streaming, tentunya akan membutuhkan alat bantuan eksternal. Alat tersebut dapat berupa Android TV box yang menjadi perangkat luar untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi pintar. Namun saat menggunakannya, mungkin penggunanya akan menemui kendala seperti Android TV box yang tidak mau menyala. Mengapa demikian?

Penyebab

Ketahui dulu beberapa penyebab yang dapat menjadi alasannya. Misalnya dari masalah daya. Bisa jadi, adaptor daya mungkin rusak atau tidak memberikan daya yang cukup kepada perangkat. Lalu, bisa juga karena masalah kabel daya atau konektor yang mungkin rusak.

Penyebab lainnya yakni karena kerusakan yang terjadi pada perangkat. Bisa karena motherboard atau komponen lainnya, bisa karena overheating atau terlalu panas, hingga masalah pada pembaruan perangkat lunak. Jika telah menemukan penyebabnya, maka solusinya pun akan lebih mudah untuk di lakukan.

Baca Juga:Ini, Tips Membuat Singkong Goreng Merekah dan Krispi! Dijamin Enak, No Bantet dan KerasResep Singkong Goreng Merekah, Cocok Jadi Camilan Ekonomis yang Mengenyangkan

Solusi

Setelah mengetahui penyebab dari Android TV box yang tidak mau menyala, maka kini ketahuilah solusinya. Solusinya yakni bisa dengan memeriksa sumber daya listriknya, periksa bagian kabel daya dan pastikan tersambung dengan baik. Periksa juga bagian indikator lampu atau LED, apakah menyala atau tidak.

Kemudian jika bagian adaptornya yang rusak, maka ganti dengan adaptor daya yang sesuai dan pastikan tegangan dan arus listriknya sesuai dengan spesifikasi dari Android TV Box yang di miliki.

Lalu periksa juga bagian kabel HDMI, apakah masih ada dalam kondisi baik saat terhubung dengan TV. Selain itu, bisa juga dengan melakukan restart Android TV box selama beberapa detik sebelum menyalakannya kembali.

Jika perlu melakukan reset pabrik, makan lakukan reset. Namun pastikan untuk merujuk pada manual pengguna atau situs web produsen untuk petunjuk spesifik. Jika cara di atas telah di lakukan namun masih gagal, maka bisa mencari bantuan teknisi.

0 Komentar