Apa Itu Gohyong atau Ngohiong, Makanan Lezat yang Kini Tengah Viral? Berikut Info Lengkapnya

Apa Itu Gohyong atau Ngohiong, Makanan Lezat yang Kini Tengah Viral? Berikut Info Lengkapnya
Apa itu Gohyong atau Ngohiong (Shutterstock/ Femina)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Apa itu gohyong? Gohyong atau ngohiang menjadi makanan yang tengah viral. Melansir dari Perpustakaan Digital Budaya Indonesia, makanan ini di buat dari daging ayam dengan berbagai campuran bahan lainnya.

Selain daging ayam, bahan lain yang menyelimuti makanan ini berupa udang, telur dengan bumbu bawang putih dan merica. Dalam membuatnya, adonan akan di cincang menjadi halus kemudian di bungkus dengan menggunakan kulit lumpia.

Balutan kulit lumpia yang menjadi pembungkusnya, akan di bentuk seperti lontong atau rolade. Lalu di kukus dan setelah di kukus dan dalam kondisi dingin, barulah di goreng hingga kering. Dalam penyajiannya, akan di iris dengan bentuk melintang serong dan di lengkapi dengan saus asam manis.

Baca Juga:Zenius Kabarkan Tutup Sementara Setelah Beroperasi Selama 20 Tahun, Berikut Keterangan ResminyaKerajaan Arab Saudi Beri Umrah Gratis untuk Warga Indonesia dari Berbagai Kalangan dan Daerah

Gohyong Merupakan Makanan Khas Betawi dengan Perpaduan China

Setelah mengetahui sedikitnya mengenai apa itu gohyong, kini ketahui sedikit mengenai sejarahnya. Makanan ini konon merupakan perpaduan budaya Cina dengan budaya lokal Betawi. Gohyong atau ngó͘-hiong/Ngo Hiang merupakan sebuah gulungan kembang tahu dengan isian berupa cacahan daging.

Daging yang di gunakan berupa babi atau seafood seperti udang. Namun, kini makanan ini lebih variatif dalam mencampurkan daging sebagai isian karena ada yang membuatnya dengan menggunakan daging ayam agar dapat di nikmati oleh berbagai kalangan.

Kemudian, dicampurkan dengan bubuk lima rempah dan disajikan dengan digoreng dan dicampur dengan sayuran yang bervariasi seperti wortel dan lainnya. Adapun rempah yang di gunakan yaitu akan memberikan rasa asam, manis, pedas, pahit, dan asin yang berasal dari campuran kayu manis, bunga lawang, cengkih, sichuan pepper, dan biji adas.

Gohyong adalah makanan khas orang Hokkien dan Teochew, atau yang berasal dari provinsi Fujian. Ada cukup banyak orang Indonesia yang merupakan keturunan imigran dari Fujian, sehingga gohyong cukup terkenal di Indonesia dan terasimilasi dengan budaya setempat.

Mengenai “apa itu gohyong”, disebutkan jika makanan ini menggunakan cocolan saus sambal ataupun saus tauco. Namun kini gohyong di sajikan dengan menggunakan kuah cuko dengan cara makan yang mirip dengan pempek Palembang.

0 Komentar