Tren Bertanam Kokedama Jadi Solusi Jitu untuk yang Tak Punya Lahan Luas, Simak Cara Membuat Kokedama

Tren Bertanam Kokedama Jadi Solusi Jitu untuk yang Tak Punya Lahan Luas, Simak Cara Membuat Kokedama
Cara Membuat Kokedama (Tokopedia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bertanam merupakan salah satu kegiatan yang biasa di lakukan dalam mengisi waktu luang. Bertanam dapat di lakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat kokedama. Namun, apa itu kokedama?

Kokedama merupakan teknik bertanam tanaman hias yang tren di Jepang. Teknik ini dapat menjadi salah satu solusi bagi yang ingin bertanam namun tidak memiliki lahan yang cukup. Maka, teknik ini cocok untuk di gunakan bagi seseorang yang tinggal di kamar kost maupun apartment yang cenderung tidak memiliki lahan untuk bertanam.

Kokedama mempunyai asal kata koke dan dama yang masing-masing memiliki arti lumut dan bola. Jika di satukan, maka akan mengandung pengertian jika ini merupakan seni tanaman hias yang di bungkus akar dengan tambahan berupa lumut dengan memiliki bentuk seperti bola.

Baca Juga:Dengan Harga 1 Jutaan, Bisa Dapatkan HP Terbaru Berupa Poco C65 yang Diselimuti Oleh Sejumlah PeningkatanResep Ngohiong atau Gohyong Viral dengan Tekstur Krispi dan Rasa yang Lezat, Cobain Bikin di Rumah!

Cara Membuat Kokedama

Bertanam dengan menggunakan teknik ini dapat menjadi hal yang patut di coba. Namun perlu diperhatikan, dalam melakukan teknik ini, kamu harus mencelupkannya ke dalam air yang telah di beri pupuk. Kemudian, untuk menaruhnya pun harus teduh namun masih terkena sinar matahari.

Walaupun nampak berbeda seperti bertanam pada umumnya, namun teknik ini dapat menjadi hal yang praktis di lakukan. Apalagi jika kamu malas untuk keluar rumah karena teknik ini dapat di lakukan di dalam rumah dan bisa menjadi hiasan yang cantik untuk rumahmu. Jika penasaran ingin membuatnya, maka simak caranya berikut ini.

Siapkan bahan-bahan seperti tanaman kecil (bisa bonsai, begonia atau lainnya), lumut gambut, media tanam, lumut spaghnum lembar, benang wax, gunting, mangkuk, sarung tangan latex, dan gelas ukur.

Langkah pertama mengenai cara membuat kokedama yakni campur media tanam dengan lumut gambut dengan perbandingan 1:1 lalu beri air sedikit demi sedikit. Saat melakukan hal ini, bisa menggunakan sarung tangan latex.

Kemudian, bentuk menjadi bola dengan menggunakan genggaman dua tangan dan buat lubang pada bagian atas dengan menggunakan dua ibu jari. Lalu, masukkan akar tanaman pada lubang tersebut hingga seluruh akar telah masuk ke dalamnya.

Pastikan jika kokedama telah kokoh dan bulat sempurna. Jika sudah, maka beri adonan tanah dengan bentuk bola menggunakan lumut spaghnum lembar yang telah di rendam air hangat. Fungsinya yaitu untuk melapisi kokedama.

Apabila kokedama telah dilapisi dengan baik, maka ikat dengan menggunakan benang wax di setiap sisinya yang membentuk pola. Pastikan mengikatnya dengan pola yang baik agar terlihat rapi.

0 Komentar