Mengenal Seni Tanaman Hias Kokedama: Teknik Bertanam Sederhana untuk Mengasah Kreativitas

Tanaman hias
Mengenal Seni Tanaman Hias Kokedama (indoindians.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kokedama merupakan seni tanaman hias ala Jepang dengan bentuk bulat bak sebuah bola yang ditumbuhi dengan lumut dan terbuat dari tanah. Secara pengertian, ‘koke’ mempunyai arti lumut sementara ‘dama’ mempunyai arti bola.

Teknik tanaman hias ala Jepang bernama kokedama ini, menjadi sebuah solusi bagi yang ingin bertanam namun kekurangan lahan. Pasalnya, kokedama bisa dilakukan dalam rumah sehingga tak membutuhkan banyak ruang yang perlu disediakan.

Tanaman hias berupa kokedama dibuat dengan cara mengikatkan bagian ‘bola’ kokedama dengan menggunakan tali yang diikat menggantung. Tren bertanam kokedama juga tidak hanya menjadi solusi bagi yang ingin bertanam dari rumah, namun juga dapat mengembangkan kreativitas seseorang.

Baca Juga:4 Tanaman Hias untuk Souvenir Pernikahan, Ide Hadiah yang Unik dan CantikBisa Hiasi Meja Kerja, Inilah Macam-macam Tanaman Hias dengan Ukuran Mini

Teknik Membuat Kokedama

Dalam membuatnya, kokedama memerlukan proses yang relatif sederhana. Prosesnya melibatkan pemindahan tanaman ke tanah liat yang telah dibentuk menjadi sebuah bentuk bola kemudian ditutup dengan lumut. Lalu diikat dengan bola lumut sehingga menyelimuti permukaannya.

Penting untuk memperhatikan komposisi tanah dalam membuat bola. Tanah liat yang digunakan, lebih disukai jika mempunyai ketahanan yang baik. Namun tambahkan juga dengan bahan lain seperti kompos maupun lumut gambut agar dapat membuat tanah liat berpori untuk memudahkannya bernapas.

Jika kesulitan untuk mencari jenis dan kombinasi tanah beserta dengan bahan tambahannya, maka bisa gunakan alternatif yang lebih sederhana yakni dengan menggunakan bola busa bunga yang memiliki bentuk bulat. 

Lalu, pastikan juga jika menggunakan bola busa, telah direndam dalam air dan pastikan jika sudah terendam dengan benar. Kemudian beri lubang tanam dengan memotong busa. Ukuran lubang yang dibuat yakni disesuaikan dengan besar kecilnya akar tanaman.

Hal lainnya yang perlu dilakukan yakni dengan memilih tanaman yang tepat. Pilih jenis tanaman yang dapat tumbuh subur di dalam ruangan, dengan ukuran yang sesuai dan proporsional. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dibuat kokedama, misalnya sirih gading, pakis, begonia, dan sukulen.

Saat menaruh kokedama dalam keadaan menggantung, taruh pada tempat yang diinginkan. Namun disamping itu, kokedama juga bisa ditaruh dengan cara lain selain digantung. Misalnya dipajang pada rak maupun diletakkan pada sebuah wadah yang cantik untuk menyokongnya.

Jangan lupa untuk membasahi kokedama. Gunakan semprotan air untuk menyirami kokedama. Namun bisa juga dengan menggunakan cara lain yakni dengan merendamnya sebentar. Gunakan air yang ditempatkan pada ember yang telah diisi air selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

 

 

0 Komentar