Kenalan Yuk Sama Varietas Mangga Termahal di Dunia yang Bernama Mangga Miyazaki

Kenalan Yuk Sama Varietas Mangga Termahal di Dunia yang Bernama Mangga Miyazaki
Mangga Miyazaki (Foto : IST)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVMangga merupakan jenis buah yang konon berasal dari sekitar perbatasan India dan Burma. Namun buah ini telah menyebar ke Asia Tenggara pada 1500 tahun silam. Di Indonesia, buah ini mudah untuk di temui bahkan memiliki banyak jenis. Ada gincu, manalagi, arumanis, dan masih banyak lagi. Namun tahukah kamu, dari berbagai jenis mangga yang ada, ada salah satu yang mengusung predikat termahal di dunia. Jenis mangga yang di maksud yakni Miyazaki. Lalu, dari mana asalnya dan apa saja kisah di baliknya? Berikut info selengkapnya.

Asal dan Sejarah

Melansir dari The Indian Express, jenis buah ini berasal dari kota Miyazaki yang terletak di provinsi Kyushu Jepang. Sejarahnya, berawal dari tahun 1980an saat sekelompok peneliti dari Universitas Miyazaki dan petani lokal mengemukakan ide untuk tanaman tersebut.

Para peneliti itu memakai teknik pemuliaan kuno dan teknologi baru untuk menciptakan mangga yang dapat tumbuh dengan baik pada iklim dan tanah di daerah tersebut. Kemudian, penemuan pun mengarah pada jenis Miyazaki yang rupanya memiliki karakteristik khusus.

Baca Juga:Mangga di Rumah Masih Mentah? Coba Pakai 5 Cara Ini untuk Mematangkan Mangga dengan CepatPernahkah Bertanya-tanya, Kenapa Sprei Hotel Berwarna Putih? Ternyata Ini Loh Alasannya

Mangga Miyazaki konon memiliki rasa yang lezat hingga mempunyai ketahanan yang lama atau umur simpan yang lebih panjang. Bahkan, jenis ini memiliki probabilitas yang kecil untuk di makan oleh hama. Mengenai harganya, konon berdasarkan info yang di dapat mencapai setara dengan Rp50 juta di pasar internasional yang dipamerkan pada Festival Mangga selama tiga hari di India.

Melansir dari Japanese Food Guide, iklim di Miyazaki merupakan lingkungan yang ideal untuk menanam buah. Dalam mengembangkan metode penanaman, mangga di gantung pada langit-langit rumah kaca yang suhu telah di atur.

Lalu saat hampir matang, setiap mangga akan di bungkus oleh jaring khusus dengan tekstur lembut yang mencegahnya memar ketika terjatuh. Cara yang di lakukan itu, berguna agar buah tetap terlihat baik dan tentunya dapat mempertahankan rasa yang lezat.

Petani pun membuat kenampakannya berwarna rona merah dan oranye dengan menggunakan cermin kecil. Cermin kecil tersebut berguna untuk memantulkan sinar matahari ke mangga agar posisinya bisa mendapatkan pantulan sinar matahari yang cukup.

Mengenai ukurannya, sekitar 200 gram hingga lebih dari 650 gram. Untuk mangga Miyazaki dengan kualitas terbaik disebut dengan Taiyō no Tamago yang merupakan “Telur Matahari”. Nama tersebut konon menggambarkan jika sinar matahari di Miyazaki melimpah dan mampu menumbuhkan buah dengan warna yang indah dengan bentuk sempurna layaknya telur.

0 Komentar