Baunya Harum, Rasanya Enak! Kenali Berbagai Jenis Mangga di Indonesia

Baunya Harum, Rasanya Enak! Kenali Berbagai Jenis Mangga di Indonesia
Jenis Mangga (Shutterstock/ Cookin.ID)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVMangga merupakan salah satu buah yang banyak di temui di Indonesia. Beragam jenis mangga pun telah banyak di kenal dan menjadi kesukaan banyak orang.

Buahnya pun ada yang terasa begitu manis dan berwarna oranye. Baunya pun tak kalah menggoda karena tercium harum dan yang menyukainya, pasti akan suka dengan baunya.

Tanaman ini telah banyak di budidayakan di Indonesia sehingga tak heran jika buahnya banyak di temukan di Indonesia. Walaupun buah ini banyak di temukan di Indonesia, namun rupanya buah ini berasal dari Asia Selatan.

Baca Juga:Fakta Menarik Drama Korea Moon In The Day, Sebuah Drama Bergenre Fantasi Romansa dengan Balutan ThrillerJangan Lewatkan Drama Korea Terbaru Kim Young Dae, Berikut Sinopsis Moon In The Day

Buah ini kerap di konsumsi langsung dengan hanya mengupasnya saja. Terkadang, ada yang mengupasnya hingga habis, namun ada juga yang mengupasnya dengan membelahnya dan bagian kulitnya masih menempel.

Selain bisa di makan langsung, bisa juga di olah menjadi bentuk makanan dan minuman. Tak jarang, buah ini juga di ‘sulap’ menjadi bentuk lain seperti sampo, sabun dan lain-lain.

Jenis Mangga

Terdapat bermacam-macam mangga yang terkenal di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

Gedong Gincu – Memiliki bentuk yang bulat dan sedikit memanjang, dengan warna kulit berwarna kuning ketika matang. Rasanya manis dan di sukai oleh banyak orang, terutama masyarakat Indonesia.

Arumanis – Seperti namanya, arumanis memiliki aroma yang harum dan rasanya manis. Bentuknya lonjong dan ujungnya meruncing, dengan warna kulitnya yang hijau.

Golek – Dagingnya tebal dan teksturnya lunak, bahkan tak memiliki serta dan konon tidak mengeluarkan air. Selain itu, kulitnya berwarna hijau ketika masih muda dan akan menguning ketika matang.

Manalagi – Dijuluki mangga madu, manalagi rupanya mempunyai rasa yang sangat manis. Rasanya pun unik, seperti kombinasi antara mangga arumanis dan golek.

Baca Juga:Jangan Panik! Ketahui Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet untuk MengantisipasiKenali Lebih Banyak Mengenai Penyakit Ini, Berikut Fakta Cacar Monyet

Lalijiwo – Berasal dari kota Probolinggo, lalijiwo memiliki rasa yang khas legit dengan tiada serta pada daging buahnya.

Alpukat – Bentuknya yang seperti alpukat, membuat jenis mangga ini disebut sebagai mangga alpukat. Cukup mudah untuk memakannya, cukup potong bagian tengahnya tanpa perlu mengupas kulitnya.

Kweni – Aromanya sangat khas dan menyengat hingga rasanya yang cenderung masam, namun banyak di gemari. Bentuknya kecil di banding mangga lainnya dan teksturnya pun lembut serta halus.

Cengkir – Berasal dari Indramayu, cengkir mempunyai rasa yang manis dengan sedikit rasa asam dan tekstur yang lembut.

Apel – Digambarkan oleh namanya, mangga apel memiliki bentuk bulat seperti apel. Warnanya hijau, hijau kemerahan hingga merah.

0 Komentar