Cara Membuat Masker dari Tomat untuk Wajah dan Rambut, Perawatan dari Bahan Alami yang Bisa Kamu Coba!

Cara Membuat Masker dari Tomat untuk Wajah dan Rambut, Perawatan dari Bahan Alami yang Bisa Kamu Coba!
Cara Membuat Masker dari Tomat (Disway Jateng)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tomat merupakan buah atau sayuran yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, termasuk dengan kulit. Seiring bertambahnya umur, produksi kolagen mulai berkurang, yang akhirnya menyebabkan munculnya kerutan. Tomat dapat di sinyalir dapat mencegah hal itu. Untuk itu, tomat dapat di gunakan sebagai masker wajah agar dapat meningkatkan produksi kolagen alami dan mengencangkan kulit serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan.┬áMengenai cara membuat masker dari tomat, simak caranya berikut ini.

Cara Membuat Masker

Selain dapat meningkatkan produksi kolagen, tomat juga memiliki kandungan lycopene yang berguna untuk menenangkan kulit yang meradang hingga melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, berguna juga untuk melawan radiasi UV dan melembabkan kulit.

Tomat juga berguna untuk mengeksfoliasi kulit dan memperbaiki tekstur kulit karena mengandung flavonoid dan pektin. Kandungan antioksidan tersebut kemudian akan bekerja menghilangkan penumpukan kulit mati untuk memperlihatkan kilau di bawahnya.

Baca Juga:Suka Bingung Gak Sih, Tomat Itu Termasuk Buah atau Sayur? Coba Cari Tahu Jawabannya DisiniKetahui, Manfaat Sayur dan Buah dari Warnanya untuk Mendapatkan Gizi yang Beragam

Maka, bisa manfaatkan tomat untuk perawatan wajah hingga rambut agar dapat menghasilkan hasil yang di inginkan. Namun, bisa saja akan ditemukan ketidakcocokan karena hal ini tergantung pada kondisi masing-masing wajah. Berikut cara membuat masker dari tomat.

1. Kulit Kering

Melansir dari laman Be Beautiful In, cara membuatnya yakni dengan memanfaatkan tambahan minyak zaitun, caranya :

  • Ambil satu tomat dan peras semua sarinya.
  • Ambil satu sendok teh minyak zaitun murni.
  • Campur untuk membentuk pasta.
  • Oleskan dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dan gunakan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.
2. Kulit Berminyak

Bagi yang memiliki kulit berminyak, bisa gunakan tambahan dari timun, caranya :

  • Ambil setengah buah tomat dan peras airnya.
  • Ambil sekitar seperempat bagian mentimun.
  • Hancurkan campuran untuk membentuk pasta.
  • Dengan menggunakan bola kapas, oleskan campuran tersebut pada kulit dan diamkan selama 15 menit. Gunakan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.
3. Kulit Kombinasi

Bagi yang memiliki kulit kombinasi, bisa gunakan tambahan alpukat yang berguna untuk menghidrasi kulit wajah. Caranya :

  • Ambil satu sendok makan bubur tomat dan ambil satu sendok makan alpukat (haluskan).
  • Aduk rata untuk konsistensi.
  • Oleskan dan diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dan gunakan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.
4. Kondisioner Rambut

Selain untuk wajah, bisa juga untuk rambut. Melansir dari laman Vogue India, cara membuat masker dari tomat untuk rambut yakni dengan cara haluskan dua buat tomat matang menggunakan mixer dan tambah dengan dua sendok makan madu hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan ke tiap helai rambut dan tutupi rambut dengan shower cap agar meresap dan bilas dengan sampo setelah 30 menit.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Caranya yaitu dengan mencampurkan satu tomat matang dengan dua sendok makan minyak jarak dan haluskan hingga berbentuk pasta. Oleskan ke kepala kulit dan pijat. Biarkan selama satu jam dan cuci bersih menggunakan sampo dan kondisioner, lakukan selama dua kali seminggu.

0 Komentar