Cek Yuk Manfaat Beras Basmati – Apakah Sehat Untuk Tubuh?

Sumber: freepik.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berbagai macam jenis beras yang ada di dunia ini. Ada beras merah, porang, dll. Nah, berikut ini akan di bahan tentang manfaat beras basmati.

Kandungan Beras BasmatiĀ 

Beras basmati merupakan beras aromatik yang berasal dari India, Pakistan dan daerah sekitarnya. Nilai gizi beras basmati dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti tanah, cara budidaya, dan pengolahan beras. Secara keseluruhan, nasi basmati memiliki nilai gizi yang cukup kompleks.Satu cangkir nasi basmati mengandung sekitar 0,7 gram serat, terutama serat larut air yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat ini juga dapat membantu mengontrol gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan proteinnya sebesar 4,4 gram, meski jumlahnya lebih sedikit di bandingkan sumber protein lainnya.

Namun protein beras basmati tetap penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, nasi basmati juga mengandung vitamin, seperti vitamin B6 yang penting untuk kesehatan metabolisme energi dan berfungsinya sistem saraf. Pada saat yang sama, mineral seperti magnesium dan selenium mendukung fungsi otot dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Baca Juga:Wajib Dilestarikan! Inilah Olahraga Tradisional Indonesia Yang Wajib Kamu TahuNyaman Dipake ! Ini Dia Rekomendasi Kursi Lipat Outdoor Terbaik

Seperti halnya nasi lainnya, nasi basmati mengandung karbohidrat kompleks dan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan nutrisi inilah yang menjadikan nasi basmati lebih sehat. Namun perlu di ingat bahwa nilai gizi nasi bisa berubah tergantung cara memasaknya!

Lantas apa saja manfaatnya?

Bagus Bagi Yang Sedang Diet

Beras basmati di ketahui dapat bermanfaat bagi orang yang menjalani pola makan sehat dan seimbang. Rendah kalori dan rendah lemak, nasi basmati dapat membantu mengatur asupan energi dan lemak jenuhnya, menjadikannya pilihan yang baik untuk mencegah penambahan berat badan.

Selain itu, karbohidrat kompleks memberikan energi yang stabil dan tahan lama, mengurangi lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan rasa lapar berlebihan. Sementara itu, kandungan seratnya mampu membantu menjaga pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga Anda bisa mengontrol porsi dan mengurangi ngemil.

Di sisi lain, rasanya yang khas dan aromanya yang harum menjadikannya pilihan yang menarik untuk berbagai masakan. Sehingga dapat membantu menjaga variasi pola makan Anda. Dengan mengonsumsi nasi basmati secara rutin. Anda bisa merasakan berbagai manfaat yang dapat menunjang program penurunan berat badan dan menjamin kesehatan secara keseluruhan.

Bagus Untuk Penderita Diabetes

Selain baik untuk menunjang pola makan, nasi basmati juga dapat memberikan banyak manfaat bagi penderita diabetes karena kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Di bandingkan beras lainnya, nasi basmati memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga kecil kemungkinan konsumsinya menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba setelah makan.

Selain itu, serat pada nasi basmati dapat membantu mengatur gula darah dan mengurangi risiko resistensi insulin yang sering di kaitkan dengan diabetes tipe 2. Suplemen seperti vitamin B kompleks dan mineral seperti magnesium, fosfor dan selenium. Dari beras basmati juga mendukung kesehatan secara keseluruhan. Termasuk kesehatan metabolisme yang penting bagi penderita diabetes.

Faktanya, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa nasi basmati dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang seringkali menjadi komplikasi utama pada penderita gula. Namun, seperti halnya makanan lainnya. Konsumsi nasi basmati oleh penderita gula sebaiknya tetap dalam jumlah yang terkontrol dan seimbang.

0 Komentar