Pikiran Stress dan Gelisah? Berikut 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Anak Gen Z yang Mudah Ngeluh

yoona.id
yoona.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sebetulnya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik. Namun kamu juga harus memperhatikan dan menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental juga memainkan peran yang besar dalam kehidupan.

Ada beberapa cara atau langkah yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan beberapa perubahan ini, maka bisa di pastikan mampu memengaruhi semua aspek kehidupan. Suasana hati kamu juga tentunya akan semakin membaik jika mentalnya baik. Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan mental.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

1. Mengatakan Hal Positif

Menurut penelitian menunjukan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri akan memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Di saat kita memandang diri sendiri dan hidup kita secara negatif, maka nantinya juga akan merasakan efek negatifnya. Nah sebaliknya, apabila kamu membiasakan diri untuk menggunakan kata-kata yang lebih positif, maka hal tersebut bisa membuat kamu lebih optimis. 

Baca Juga:Jangan Jajan Sembarangan! Ini Dia Beberapa Penyebab Terjadinya Usus Buntu yang Bisa Membahayakan TubuhOtw Isi Dompet Tebel, Ini Dia Shio Paling Banyak Cuan 2024 – Kamu Akan Mendapatkan Pekerjaan Baru

2. Tulis Hal-Hal yang di Syukuri

Ternyata rasa syukur kita ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, dan juga kebahagiaan. Hal sederhananya ini dengan meningkatkan rasa bersyukur. Selain itu juga kamu bisa membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut di syukuri setiap harinya. Temukanlah sesuatu yang patut untuk di syukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hatimu.

3. Olahraga

Berolahraga tidak hanya bisa menyehatkan kesehatan fisik saja, tetapi bisa juga untuk membantu menjaga kesehatan mental. Tubuh akan melepaskan endorfin yang bisa membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga.

Olahraga yang bisa kamu lakukan ini dengan naik tangga, atau jalan kak. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Hal ini supaya bisa membantu tubuh menghasilkan vitamin D.

4. Makan Makanan yang Enak

Makan makanan yang lezat dan sehat juga bisa menyehatkan otak. Karbohidrat dengan jumlah sedang ini mampu meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sedangkan makanan yang kaya protein bisa membantu kamu tetap waspada.

Kamu bisa memilih sayuran dan buah-buahan yang di penuhi dengan adanya nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh. Serta mampu mempengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati.

5. Tidur Tepat Waktu

Berdasarkan penelitian menunjukkan apabila kurang tidur akan memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Maka dari itu cobalah tidur di waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

***

0 Komentar