Cocok untuk Diet, Inilah Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi : Ada Oat, Kentang, dan Masih Banyak Lagi

Cocok untuk Diet, Inilah Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi : Ada Oat, Kentang, dan Masih Banyak Lagi
Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi (Margarita Zueva-Unsplash)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Nasi merupakan makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Bahkan saking pentingnya nasi, bagi sebagian orang menyebutnya “belum makan kalau belum makan nasi”. Namun, tak sedikit pula yang mencari pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat.

Hal tersebut tentunya ada beragam alasan. Ada yang ingin menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, hingga ada yang ingin menguranginya lantaran kadar gula darahnya. Perlu di ketahui, nasi khususnya nasi putih, memiliki indeks glikemiks tinggi.

Nasi yang mempunyai indeks glikemiks tinggi dapat cepat berubah menjadi gula yang akan terserap tubuh. Jika di konsumsi terlalu banyak, maka akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Hal ini tentu membahayakan, terutama bagi yang mengidap penyakit gula.

Baca Juga:Harga Emas Antam 18 Januari 2024 Kembali Merosot, Berapa Harganya Saat Ini? Berikut Rincian HarganyaCara Membuat Mashed Potato, Santapan Berbahan Dasar Kentang yang Dapat Menjadi Pengganti Nasi! Mudah Loh Membuatnya

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Ada berbagai bahan pengganti yang dapat menggantikan peran nasi. Alternatif ini dapat di coba, terutama jika ingin menurunkan berat badan hingga untuk membantu menstabilkan gula darah. Berikut beberapa contohnya.

Kentang – Jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat ini mempunyai serat yang tinggi. Untuk menikmatinya bisa di olah menjadi berbagai cara, namun salah satunya bisa di olah menjadi bentuk mashed potato yang enak dan rendah kalori.

Shirataki – Terbuat dari glucomannan yang berasal dari tanaman konnyaku, shirataki mempunyai jenis bentuk berupa mie dan nasi. Cocok untuk yang sedang menurunkan berat badan karena seratnya tinggi dan rendah kalori.

Singkong – Jenis karbohidrat lainnya yakni singkong. Biasanya, singkong kerap di jadikan camilan berupa singkong goreng. Namun bisa juga menjadi bentuk makanan yang sehat dan tak kalah enak, misalnya dengan di olah menjadi singkong rebus.

Jagung – Sumber karbohidrat yang menjadi pengganti nasi berikutnya yaitu jagung. Mempunyai kandungan berupa berbagai jenis vitamin B, serat, dan sumber energi; jagung bisa dijadikan dalam bentuk nasi hingga tepung yang kemudian dapat di olah menjadi berbagai bentuk panganan.

Oat – Oat dapat menjadi alternatif lainnya yang cocok untuk menjadi menu sarapan. Terbuat dari biji-bijian dengan kandungan mineral, vitamin, dan antioksidannya yang cukup tinggi. Biasanya disajikan dengan tambahan chia seed maupun berbagai buahan segar.

Nasi Beras Merah atau Cokelat – Jika masih belum terbiasa meninggalkan nasi putih, maka bisa beralih ke nasi beras merah atau cokelat. Keduanya merupakan karbohidrat kompleks yang cocok untuk menu diet.

0 Komentar