Peneliti Sebut Karakteristik Pantura Tinggi Sedimentasi

0 Komentar

Peneliti kelautan dari Universitas Padjadjaran menyebutkan karakteristik pantai utara (Pantura) Jawa mengalami tingkat sedimentasi yang cukup tinggi. Selain membawa dampak negatif lantaran menyulitkan perahu nelayan untuk bisa berlabuh, namun disisi lain justru bisa bermanfaat untuk kehidupan mangrove.

Karakteristik pantai utara (Pantura) Jawa merupakan pantai yang mengalami sedimentasi cukup tinggi. Berbeda dengan pantai selatan dimana tingkat abrasi atau pengikisannya tinggi.

Kepala Departemen Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, Sunarto mengatakan, sedimentasi memang cukup berdampak pada pendangkalan khususnya muara. Hal itu menyebabkan perahu nelayan sulit untuk berlabuh.

Baca Juga:Puting Beliung Terjang Rumah Warga LuwungHujan Deras Disertai Angin Kencang

Namun di sisi lain, terdapat hal positif dimana tingginya substrat akibat sedimentasi itu justru menyuburkan tanaman mangrove. Sehingga sedimentasi pun bisa berdampak positif. Ia meminta pada pemerintah bisa memanfaatkan hal tersebut, agar tidak menimbulkan kerugian di masyarakat.

Sementara, pemerintah juga harus memikirkan bagaimana agar di setiap muara tidak terus mengalami pendangkalan, salah satunya pembuatan breakwater

0 Komentar