Mulailah Jaga Kesehatan Kamu dengan Makanan Penurun Gula Darah – Ada Apa Saja? Yuk Simak di Sini

honestdocs.id
honestdocs.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Bagi kamu penderita kencing manis, memang ada baiknya untuk mengonsumsi makanan penurun gula darah. Beberapa makanannya ini ada sayuran hijau, kacang-kacangan, ceri, tomat, dan jagung. Memiliki penyakit kencing manis tidak bisa makan-makanan sembarangan karena bisa mengancam kesehatan.

Apabila kamu mengonsumsi makanan penurun gula darah merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga agar kadar gula tetap normal. Selain itu juga untuk pengidap penyakit kencing manis harus selektif dalam memilih asupan makanan. Pilihlah jenis makanan yang rendah angka indeks glikemiknya. Berikut ini pilihan makanan penurun gula darah.

Makanan Penurun Gula Darah

1. Sayuran Hijau

Pilihan yang pertama ada sayuran hijau yang tidak memiliki kandungan pati. Kamu perlu mengetahui jika sayur yang mengandung pati juga tinggi akan indeks glikemik dan karbohidrat. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau pun tinggi zeaxanthin dan lutein, sejenis antioksidan yang bisa memberikan perlindungan pada mata dari penyakit degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga:Bisa Menghargai Waktu, Ini Dia 5 Kepribadian Orang Jepang yang Patut Kamu Contoh – Bergerak Menjadi Lebih BaikSegera Lakukan 5 Olahraga yang Bisa Menurunkan Gula Darah Kamu : Jaga Kesehatan Tubuh Kamu Agar Tetap Hidup Panjang

2. Kacang-kacangan

Makanan berikutnya kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Serta kacang-kacangan juga memiliki angka indeks glikemik yang rendah dan karbohidrat kompleks. Oleh karena itu, tubuh kamu akan lebih lama mengubah kacang menjadi gula, sehingga tidak memicu naiknya gula darah secara tiba-tiba. Jenis makanan ini pun tinggi kandungan magnesium yang baik untuk menjaga gula darah tetap optimal.

3. Makanan Protein

Rekomendasi makanan yang kaya protein ini ada ikan dan telur. Kedua jenis makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan risiko peradangan sekaligus mengendalikan kadar gula darah. Tidak hanya baik untuk para penderita kencing manis saja, makanan ini pun baik untuk jantung.

4. Ubi Jalur

Ubi jalar memang di kenal cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan. Namun, ternyata ubi jalar juga memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah untuk pengidap penyakit kencing manis. Hal ini karena ubi jalar merupakan jenis makanan dengan kadar glikemik yang rendah. Untuk kandungan yang ada di dalam ubi jalar ini, yaitu tinggi serat, kalium, vitamin A dan C. Kamu juga bisa menikmatinya dengan merebus, tumbuk, atau panggang. 

5. Gandum Utuh

Kemudian ada juga gandum utuh yang tinggi akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga efektif untuk menurunkan tingkat penyerapan gula dalam darah. Selain itu, gandum utuh juga kaya akan mineral dan vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi para pengidap penyakit kencing manis. 

***

0 Komentar