Benarkah Aromaterapi Dapat Kelola Stres? Berikut Penjelasan dari Psikolog

Benarkah Aromaterapi Dapat Kelola Stres? Berikut Penjelasan dari Psikolog
Aromaterapi untuk Kelola Stres (freepik/ rawpixel.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVAromaterapi merupakan alternatif penggunaan minyak atsiri atau minyak esensial yang di sinyalir dapat membantu untuk kelola stres. Terbuat dari ekstrak bunga, daun, batang, akar, atau bagian lain dari tanaman membuatnya mampu menghasilkan senyawa alami.

Senyawa alami tersebut akan memberikan aroma yang khas sebagaimana jenis tanaman yang di esktraknya. Untuk menikmatinya bisa di lakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan menghirup aromanya, mengoleskannya pada kulit, atau menggunakannya dalam proses pijatan.

Dalam setiap aromaterapi, akan memiliki efek atau khasiat yang berbeda. Selain itu, di percaya juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun perlu di ketahui dan di ingat, bukan berarti dapat menjadi pengganti dari pengobatan medis. Sebab, aromaterapi di gunakan sebagai bentuk pendekatan komplementer saja.

Baca Juga:Jadwal India Open 2024 : Dua Wakil Indonesia Akan Berjuang di Babak Perempat Final, Ada Ginting dan Fajar/RianManfaat Kulit Kentang, Salah Satunya untuk Membuat Rambut Berkilau!

Benarkah Aromaterapi Dapat Kelola Stres?

Menurut Psikolog Indah Sundari, S.Psi, M.Psi yang di lansir dari laman Antara News mengatakan jika aromaterapi dapat membantu untuk mengelola stres. Psikolog yang merupakan seorang lulusan dari Universitas Padjajaran tersebut juga menyampaikan jika aromaterapi memiliki manfaat yang beragam sehingga bisa mengurangi stres.

“Aromaterapi itu bisa membantu mengurangi stres karena bahan-bahan alaminya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi juga, sehingga bisa mengurangi stres dan bisa digunakan sehari-hari,” ucapnya.

Wangi-wangian yang berasal dari bahan alami seperti bunga, akar-akaran, dan daun-daunan dapat membuat tubuh menjadi rileks. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika aromaterapi dapat meningkatkan imun tubuh dan membantu mengurangi stres.

Penelitian tersebut berjudul “Evaluating the effect of aromatherapy on a stress marker in healthy subjects” yang di rilis pada 2019 dalam “Journal of Pharmaceutical Health Care and Sciences.

Untuk dapat membantu kelola stres, Psikolog Indah juga membagikan cara menggunakan aromaterapi. Bisa dengan posisi duduk atau berdiri dengan tegak dan nyaman. Lalu sambil menutup mata, hirup aromaterapi dalam tiga hitungan dan tahan napas selama empat hitungan, kemudian buang perlahan lewat mulut dalam tiga hitungan.

Selain di hirup, bisa juga dengan memberikan pijatan ringan menggunakan aromaterapi. Pijatan ringan tersebut bisa di lakukan pada bagian dahi, leher, dan bahu.

0 Komentar