Apakah Kunyit Bagus untuk Asam Lambung? Simak Penjelasannya

Apakah Kunyit Bagus untuk Asam Lambung? Simak Penjelasannya
Kunyit untuk Asam Lambung (Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kunyit merupakan sejenis rimpang yang biasa di gunakan untuk memasak. Sering di kaitkan sebagai bumbu dapur, kunyit berguna untuk memberi warna kuning hingga rasa yang khas. Namun di balik kegunaannya itu, kunyit juga di sinyalir dapat berguna untuk asam lambung.

Kunyit untuk Pengobatan Tradisional

Melansir dari Healthline, kunyit sering di pakai untuk pengobatan tradisional dalam mengatasi berbagai gejala, termasuk masalah pencernaan. Namun ada penelitian yang berbeda mengenai manfaatnya untuk refluks asam.

Rimpang ini konon telah di pakai dalam pengobatan alternatif selama ribuan tahun. Pemanfaatannya pun beragam yakni dapat mengobati banyak penyakit dan kondisi, termasuk masalah perut dan masalah pencernaan.

Baca Juga:Naik! Harga Emas Antam 20 Januari 2024 Kini Senilai 1,128 Juta Per GramMetode Praktis untuk Memasak dan Stok di Rumah : Cara Membuat Kunyit Bubuk dengan Langkah yang Mudah

Mengenai bukti ilmiah yang menunjukkan jika kunyit dapat berperan dalam refluks asam, baru ada sedikit uji klinis yang menyatakannya. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai kandungan hingga uji klinis dari kunyit.

Kunyit untuk Asam Lambung

Rimpang yang menghasilkan warna kuning mempunyai senyawa antiinflamasi dan antioksidan. Pada pengobatan tradisonal Tiongkok dan Ayurveda, berguna untuk meredakan nyeri radang sendi dan menstruasi. 

Selain itu, di manfaatkan pula untuk meningkatkan pencernaan dan fungsi hati. Hingga konon, kunyit di kenal sebagai terapi alternatif untuk sakit maag dan peradangan.

Eksplorasi penelitian mengenai khasiat dari kunyit dan ekstrak kurkumin yang terkandung di dalamnya, belum ada penelitian yang fokus pada refluks asam. Kemudian, secara keseluruhan, tidak ada cukup bukti yang mendukung penggunaannya pada kondisi kesehatan apapun.

Namun pada sebuah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi kurkumin mencegah peradangan esofagus. Kunyit dan ekstrak kurkumin dikatakan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, kunyit dapat meredakan GERD.

Penelitian berikutnya, sebuah artikel di 2019 membahas mengenai  aktivitas anti tumor, anti inflamasi, dan antioksidan kurkumin dalam pengobatan masalah pada saluran pencernaan. Kurkumin berguna untuk melindungi usus dari kerusakan akibat NSAID dan agen berbahaya lainnya. 

Dalam memanfaatkan kunyit untuk asam lambung, dapat di konsumsi dalam bentuk bubuk. Bubuk tersebut, disebutkan bisa di gunakan untuk memasak maupun untuk di minum.

Baca Juga:Selain Kunyit, Ada Beberapa Bahan Lainnya yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Pewarna Alami, Berikut ContohnyaMengupas Manfaat dari Minum Kunyit di Pagi Hari : Tanaman Rempah dengan Kandungan Kurkumin yang Baik untuk Kesehatan

Perhatikan Risiko

Namun menurut Healthline, kunyit juga dapat memberikan risiko. Konon, rimpang ini merupakan  pengencer darah alami, jadi sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan obat pengencer darah. Maka jika ingin melakukan pengobatan atau mengonsumsi suplemen apapun, ada baiknya untuk berdiskusi pada dokter yang merawat Anda.

0 Komentar