Bawaslu Kuningan Rilis Kinerja Panwascam Se-Dapil II

0 Komentar

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kuningan merilis kinerja dan persiapan Panwaslu kecamatan se-dapil II. Di Kecamatan Jalaksana, Panwaslu akan mengawasi kebutuhan 5 jenis surat suara untuk semua TPS, yang mencapai 190.410 lembar.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kuningan merilis kinerja dan persiapan pengawasan distribusi logistik, serta pencapaian pengawasan masa kampanye, dari semua Panwaslu kecamatan se-dapil II, Sabtu 27 Januari 2023 di Kopi Lendot Jalaksana.

Untuk Kecamatan Jalaksana, Panwaslu setempat merilis persiapan pengawasan, dimana kebutuhan logistik 5 jenis surat suara di kecamatan ini, mencapai 190.410 lembar, dihitung berdasarkan jumlah DPT dan cadangan 2 persen.

Baca Juga:Kapolsek Plered Gelar Giat Cegah StuntingAlat Peraga Kampanye Marak

Ketua Panwaslu Kecamatan Jalaksana Ipik Taupik menerangkan, distribusi surat suara dari gudang KPU Kuningan ke PPK Jalaksana diagendakan pada 30 dan 31 Januari.

Sementara distribusi ke PPS dijadwalkan sampai pada H-3 pemilu, dan H-1 logistik harus siap di tiap TPS

Panwascam akan memastikan bahwa setiap paket logistik, termasuk surat suara, formulir, dan materi kampanye, tiba dengan aman dan tepat, waktu di lokasi yang ditentukan.

Menurutnya, selain pengawasan manual, saat ini tersedia teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk melacak pergerakan logistik secara realtime. Sistem pelacakan memungkinkan para pengawas untuk memantau setiap tahapan distribusi.

Sehingga dapat merespons cepat, apabila terjadi kendala atau keterlambatan. Pengawas kecamatan juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, termasuk KPU setempat, dan pihak logistic. Kemudian menggelar rapat rutin untuk mendiskusikan perkembangan distribusi logistik, sehingga setiap pihak terlibat, dapat saling berkoordinasi untuk mengatasi potensi masalah yang muncul.

Panwaslu juga melakukan terobosan, diantaranya melibatkan masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam pengawasan, selaras dengan program Bawaslu dalam pengawasan partisipatif.

Warga secara proaktif bisa memberikan informasi dan umpan balik, terkait proses distribusi logistic. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengawasan yang lebih transparan dan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Baca Juga:Polsek Depok Razia KnalpotTaman Raharja Jadi Tempat Nongkrong Yang Asik

Jajaran Panwaslu Kecamatan Jalaksana berharap, pengawas upaya pengawasan ini berjalan efektif, menjamin pendistribusian logistik pemilu berlangsung dengan lancar, dan sesuai dengan prinsip demokrasi

Peran panwas melibatkan warga , juga bertujuan  memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa setiap suara mereka akan dihitung dengan adil pada hari pemilihan nanti

0 Komentar