Sudah Tahu Belum? Ini Dia Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Sudah Tahu Belum? Ini Dia Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan
Foto: Shutterstock)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah dan tanaman bermafaat. Berikut ini ada info manfaat kunyit putih.

Nama latin kunyit putih adalah Zedoaria atau Curcuma zedoaria. Selain banyak ditemukan di Indonesia, tanaman ini juga banyak dibudidayakan di Amerika, Eropa, dan kawasan Asia lainnya. Kunyit putih sering juga disebut dengan kunyit putih. Kunyit biasanya mengandung kurkuminoid. Zat dalam kunyit membantu mengontrol produksi asam lambung dan melindungi lapisan lambung, sehingga dapat membantu mengurangi iritasi lambung.

1. Kaya Antioksidan

Seperti rempah-rempah lainnya, kunyit putih kaya akan antioksidan. Seperti yang Anda ketahui, antioksidan bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit serius seperti kanker.Keunggulan kunyit putih sebagai sumber antioksidan adalah rempah ini mengandung senyawa kurkumin yang berfungsi sebagai anti alergi dan dapat mencegah pelepasan senyawa kimia penyebab reaksi alergi.

Baca Juga:Fakta Menarik ! Inilah Manfaat Daun Katuk Untuk KesehatanJarang Orang Tahu Loh !! Inilah Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat kunyit lainnya adalah mengatasi masalah pencernaan. Kunyit terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, maag, perut kembung dll.Bagi yang sering menderita sakit maag, penggunaan kunyit secara rutin juga diduga dapat menurunkan keasaman lambung. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter ya?

3. Kurangi Peradangan

Mengurangi inflamasi atau peradangan merupakan salah satu manfaat kunyit bagi kesehatan. Sifat anti inflamasi pada kunyit putih bermanfaat bagi penderita arthritis.Selain itu kunyit juga bermanfaat untuk mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Kemampuan kunyit tersebut berkat kandungan kurkuminol, senyawa yang terdapat pada rimpangnya.

4. Mencegah Perkembangan Bakteri dan Jamur

Kunyit juga terbukti efektif mencegah perkembangan Streptococcus viridans. Bakteri ini dapat menyebabkan sepsis dan pneumonia. Ekstrak bawang putih bahkan terbukti mampu melawan spesies bakteri penyebab masalah pencernaan, seperti E. Coli. Selain bakteri, kunyit putih juga efektif melawan infeksi jamur pada tubuh manusia, seperti Candida dan Aspergillus yang sering menyebabkan penyakit pernafasan.

5. Penawar Racun

Manfaat kunyit lainnya adalah sebagai penawar racun. Kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama bila terkena bisa ular atau hewan lainnya, karena kunyit putih dapat merusak neurotoksin dan enzim yang ada pada bisa ular tersebut. Selain itu, khasiat kunyit untuk meredakan nyeri juga dapat mengurangi rasa sakit yang Anda alami setelah digigit ular

0 Komentar