Fakta Menarik ! Inilah Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Foto: Shutterstock
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pada artikel kali ini akan di bahas tentang beberapa manfaat daun katuk untuk kesehatan. Penasaran tidak? Yuk simak artikelnya!

Daun Katuk merupakan tanaman perdu dengan daun berukuran kecil. Umumnya daun katuki menjadi bahan dasar lauk pauk vegetarian. Selain itu, daun kecil berwarna hijau dari pohon katuki juga bisa digunakan untuk membuat obat. Khasiatnya sudah bisa dirasakan dengan mengonsumsi daun ekor yang diolah dengan baik. Inilah isi 100 gram daun katuk.

  • Energi: 59 kalori.
  • Karbohidrat: 11 gram.
  • Protein: 4,8 gram.
  • Lemak: 1 gram.
  • Kalsium: 204 miligram.
  • Fosfor: 83 miligram.
  • Zat Besi: 2,7 miligram.
  • Vitamin A: 10,371 IU.
  • Vitamin C: 239 miligram.
  • Vitamin B1: 0,1 miligram.

1. Melancarkan ASI

Daun katuk sangat erat kaitannya dengan ASI. Masyarakat percaya bahwa daun katuki dapat meningkatkan jumlah ASI dan memperlancar alirannya, sehingga ibu dapat menyusui secara eksklusif hingga dua tahun. Daun katuki mengandung asam folat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan hormon prolaktin. Ada juga vitamin A, B, dan C yang dapat menjaga kualitas ASI bayi Anda.

Baca Juga:Jarang Orang Tahu Loh !! Inilah Manfaat Buah Bidara untuk KesehatanKayak Akan Manfaat ! Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Pria

Namun, sebaiknya independen hanya dari majalah jalanan. Selain itu, perbanyak makan dengan pola makan seimbang dan istirahat yang cukup. Selain itu, ibu menyusui juga perlu menjaga tingkat stresnya karena hal ini juga mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi oleh tubuh.

2. Meningkatkan Vitalitas

Tidak hanya bermanfaat bagi wanita, pria juga disarankan mengonsumsi daun katuki untuk menjaga vitalitas. Kandungan fitokimia pada daun Katuki mampu meningkatkan jumlah sperma dan menjaga kualitasnya tetap baik. Tak hanya itu, tanaman ini juga baik untuk meningkatkan libido atau hasrat seksual pria. Pasalnya, daun katuk juga mengandung flavonoid, saponin, alkaloid, tanin, dan androstane yang mampu melancarkan peredaran darah hingga ke organ reproduksi pria.

3. Mengatasi Kurang Darah

Selain melancarkan peredaran darah, daun cattail juga berperan mencegah anemia. Kandungan klorofil yang tinggi pada daun katuk di percaya dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini membantu sel darah merah mengikat lebih banyak oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

4. Anti-inflamasi

Ekstrak daun katuk juga di katakan memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun cattail dapat mengurangi zat-zat dalam tubuh yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Namun penelitian ini hanya di uji pada hewan. Di perlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar menunjukkan bahwa konten majalah katuki dapat di terapkan pada manusia.

0 Komentar