Asal Muasal Nasi Timbel, Begini Sejarah Perkembangannya

Asal muasal Nasi Timbel/ foto: SHUTTERSTOCK/FRANZ VANKONERO
0 Komentar

RADARCIREBON.TVNasi timbel adalah salah satu makanan khas Sunda yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan di kukus hingga matang. Makanan ini biasanya di santap dengan lauk seperti ayam bakar, empal, tahu, tempe, lalapan, dan sambal. Nasi timbel memiliki tekstur yang padat dan aroma yang harum.

Sejarah Nasi Timbel

Nasi timbel berasal dari Jawa Barat dan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Sunda. Nama nasi timbel di ambil dari bentuk nasi yang menyerupai timbel, yaitu alat pancing yang berbentuk bulat lonjong.

Makanan ini awalnya adalah makanan yang di bawa oleh masyarakat Sunda yang akan pergi ke sawah atau perjalanan jauh. Nasi timbel di bungkus dengan daun pisang agar hemat, praktis, dan tidak mudah basi.

Baca Juga:3 Rekomendasi Nasi Timbel yang Enak di Jakarta7 Rekomendasi Jenis Nasi di Indonesia yang Wajib Anda Coba!

Pada zaman dahulu, nasi timbel di kenal sebagai makanan masyarakat menengah ke bawah, karena piring merupakan peralatan makan yang sulit di temukan.

Masyarakat Sunda menggunakan daun pisang sebagai alas makan yang alami dan ramah lingkungan. Nasi timbel juga memiliki nilai filosofis, yaitu sebagai simbol kesederhanaan, kerendahan hati, dan kebersamaan.

Perkembangan Nasi Timbel

Seiring berjalannya waktu, nasi timbel mengalami pergeseran sosial di masyarakat. Jika dahulu penikmat nasi timbel adalah kalangan menengah ke bawah, saat ini nasi timbel memiliki nilai ekonomi mahal dan di sajikan di restoran-restoran.

Nasi timbel juga di modifikasi dengan berbagai bentuk, seperti segitiga, segi empat, atau bulat. Bahkan, di beberapa restoran, nasi timbel di sajikan di dalam bakul nasi beralaskan daun pisang sesuai dengan orang yang akan makan.

Nasi timbel juga di sajikan dengan berbagai macam lauk yang menggugah selera, seperti ayam bakar, empal, tahu, tempe, sate, ikan asin, telur, sayur asem, dan sambal.

Nasi timbel juga memiliki varian rasa, seperti nasi timbel bawang yang menggunakan bawang goreng sebagai taburan, atau nasi timbel pedas yang menggunakan cabai rawit sebagai bumbu.***

0 Komentar