7 Rekomendasi Jenis Nasi di Indonesia yang Wajib Anda Coba!

7 Rekomendasi Jenis Nasi di Indonesia yang Wajib Anda Coba!
Nasi Jamblang/ foto: radarcirebon.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner. Salah satu makanan pokok yang paling populer di Indonesia adalah nasi. Nasi tidak hanya dimakan dengan lauk-pauk, tetapi juga diolah menjadi berbagai hidangan khas yang memiliki cita rasa dan ciri khas tersendiri. Berikut adalah beberapa jenis nasi yang ada di Indonesia yang patut Anda coba.

1. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah nasi yang di masak dengan santan kental, daun salam, daun pandan, dan bumbu-bumbu lainnya. Berasal dari Betawi dan biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, telur, tempe, tahu, sambal, dan kerupuk. Nasi uduk memiliki rasa gurih dan wangi yang khas.

2. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi yang di bungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Berasal dari Sunda dan biasanya di santap dengan lauk seperti ayam bakar, empal, tahu, tempe, lalapan, dan sambal. Nasi timbel memiliki tekstur yang padat dan rasa yang harum.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Pisces: Senin 29 Januari 2024, Hati-hati Saat Mengendarai Kendaraan Roda DuaRamalan Zodiak Aquarius: Senin 29 Januari 2024, Hindari Sikap Keras Kepala dan Jangan Menggali Luka Lama

3. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah nasi yang di masak dengan santan, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Ada dua jenis nasi liwet yang umum di temukan di Indonesia, yaitu nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Nasi liwet Solo biasanya di sajikan dengan areh santan, ayam suwir, dan sayur labu siam. Sedangkan nasi liwet Sunda biasanya disajikan dengan lauk seperti ikan asin, telur, dan sayur asem.

4. Nasi Kuning

Nasi kuning adalah nasi yang berwarna kuning karena di masak dengan kunyit, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya di sajikan pada perayaan hari spesial, seperti ulang tahun atau hari kemerdekaan. Nasi kuning di hidangkan dengan lauk seperti orek tempe, telur balado, sambal goreng hati, atau ayam goreng. Nasi kuning melambangkan keberkahan dan kesuburan.

5. Nasi Padang

Nasi padang adalah nasi putih yang di sajikan dengan berbagai macam lauk khas Padang, seperti rendang, gulai, sambal, dan sayur. Memiliki ciri khas penyajian yang unik, yaitu dengan menata semua lauk di atas meja dan membiarkan pelanggan memilih lauk yang di inginkan. Nasi padang memiliki rasa yang kaya dan pedas.

6. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah nasi yang di goreng dengan minyak, kecap, bawang putih, bawang merah, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia dan bisa di temukan di mana saja, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Nasi goreng bisa di sajikan dengan lauk seperti telur, ayam, udang, atau bakso. Nasi goreng memiliki rasa yang gurih dan manis.

7. Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah nasi yang di bungkus dengan daun jati dan di sajikan dengan lauk seperti sambal goreng krecek, semur daging, sate kerang, atau sayur lodeh. Berasal dari Cirebon dan biasanya di jual di warung-warung khusus yang disebut warung jamblang. Nasi jamblang memiliki rasa yang sederhana dan lezat.***

0 Komentar