Harga Beras Naik, 2 SKPD Bersiap Kendalikan Inflasi

0 Komentar

Harga beras kembali merangkak naik. Di Kuningan beras premium berada di kisaran 15.500 perkilogram dan beras medium 15.000 perkilogram. Menyikapi kenaikan harga pangan, tim pengendalian inflasi daerah atau TPID melalui 2 SKPD, yakni Diskopdagperin dan Diskatan, bersiap menggelar operasi pasar murah.

Harga beras kembali merangkak naik. Di Kuningan beras premium berada dijual di kisaran 15.500 perkilogram dan beras medium 15.000 perkilogram.

Menyikapi kenaikan harga pangan, tim pengendalian inflasi daerah atau TPID melalui 2 SKPD, yakni Diskopdagperin dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, bersiap menggelar operasi pasar murah, khususnya di komoditas beras.

Baca Juga:Kuwu Setupatok Siap Lakukan Perbaikan Prof Rokhmin Dahuri Door To Door Sapa Warga

Kepala Diskopdagperin Kuningan Trisman Supriatna menjelaskan, operasi pasar beras murah ini bisa digelar jika ada permintaan dari masyarakat, yang disampaikan melalui kecamatan. Sebagai catatan di akhir 2023, permohonan beras murah dibawah harga eceran tertinggi, telah mencapai 100 ton untuk 10 kecamatan.

Tahun ini, hingga 29 Januari baru ada 1 kecamatan yang melayangkan surat permohonan digelarnya operasi pasar murah atau OPM. Diskopdagperin masih menunggu minimal permohonan dari 10 kecamatan untuk digelarnya operasi pasar murah, bekerjasama dengan Bulog Cirebon.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, atau Diskatan Kuningan Wahyu Hidayah, menerangkan telah menyelenggarakan gelar pangan murah, digelar secara rutin di car free day Jalan Siliwangi setiap hari Minggu.

Khusus Minggu kemarin, diskatan telah menyediakan beras medium harga murah, sebanyak 1,5 ton, yang laris diminati masyarakat hanya dalam waktu 15 menit.

Selain beras, Diskatan juga menjual kebutuhan lainnya, yaitu tepung terigu dan minyak goreng.

Pihaknya juga menambahkan, kegiatan rutin mingguan di CFD ini, juga berdampingan dengan kegiatan gelar pasar tani milenial, yang menjual aneka produk para petani muda kuningan.

Termasuk menjual aneka sayuran hasil penanaman dengan cara hidroponik, sayuran yang teruji bebas insektisida. Bagi warga Kuningan yang berminat mengunjungi gelar pangan murah dan gelar pasar tani milenial, minggu besok bisa mendatangi halaman Sekretariat Daerah, Jalan Siliwangi

0 Komentar