Kesatuan Penjagaan Laut Dan Pantai Cirebon

0 Komentar

Untuk menjaga kedaulatan laut, salah satu organisasi kesatuan penjagaan laut dan pantai, memiliki peran yang cukup penting. KPLP dianggap sebagai organisasi tertua, dalam penegakan hukum laut di Indonesia.

KSOP hingga jajaran pelabuhan, pihak TNI, Pelindo, Polairud, Bea Cukai, serta imigrasi. Melakukan apel di area Pelabuhan Cirebon, hal itu dalam rangka apresiasi usia organisasi kesatuan penjagaan laut dan pantai (KPLP) Indonesia yang kini sudah menginjak 51 tahun.

KPLP dianggap sebagai organisasi tertua dalam penegakkan hukum di laut Indonesia. Sehingga para petugasnya cukup memliki peran penting dalam ikut serta menjaga kedaulatan laut, menjaga navigasi alur pelayaran aktifitas di laut.

Baca Juga:Polsek Plered Gelar Program Police Goes To SchoolRumah Warga Terdampak Longsor

Di Cirebon sendiri, jumlah petugas KPLP, antara 20 sampai 30 orang yang bertugas di kapal. Dengan kapal yang biasa dioperasikan untuk patroli sejumlah dua, kapal perbantuan dari pangkalan priuk dan kapal celurit.

Beberadaan KPLP untuk memberikan keselamatan pelayaran dan perlindungan maritim, seperti keselamatan pelayaran. Diharapkan tugas tugas patroli dan pengamanan bisa lebih optimal, keluar masuk kapal dapat dilaksanakan aman terbit dan lancar, serta intensif melakukan koordinasi khususnya bongkar muat pelabuhan.

0 Komentar