4 Titik Tanggul Sungai Cikenanga Gamel Jebol

0 Komentar

Empat titik tanggul sungai cikenanga di Desa Gamel Kabupaten Cirebon jebol. Akibatnya, masyarakat dibuat was-was terjadinya ancaman banjir.

Kuwu Desa Gamel Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, meninjau tanggul penahan tanah (TPT) sungai cikenanga yang jebol akibat bencana banjir. Kuwu Desa Gamel yang juga Persit Koramil Weru serta dosen ini, memparkan sedikitnya ada empat titik tanggul jebol di Desa Gamel yang rusak dan memperparah dampak banjir

Banjir yang terjadi Kamis malam, dinilai sebagai paling parah karena jebolnya tanggul. Menurut data Pemerintah Desa Gamel, hampir sebagian besar pemukiman masyarakat bahkan terdampak banjir.

Baca Juga:Disdikbud Kuningan Kembali BerinovasiKampung Wisata Rotan Tegalwangi

Pemerintah Desa Gamel rencananya akan mendorong upaya perbaikannya tanggul sungai cikenanga ini, kepada pemerintah daerah dan BBWS Cimanuk Cisanggarung. Karena jebolnya tanggul dikhawatirkan memperparah dampak banjir luapan sungai cikenanga ke pemukiman masyarakat.

Sementara, Desa Gamel menjadi wilayah langganan banjir setiap musim penghujan, yang ditengarai karena kondisi sedimentasi dan sempitnya aliran sungai cikenanga. Normalisasi yang menjadi solusi pun, dianggap sulit dilakukan karena medan atau akses yang sulit. 

Namun, untuk penanganan jangka pendek, Pemerintah Desa Gamel meminta pemerintah daerah untuk membantu perbaikan tanggul, guna meminimalisasi dampak banjir luapan sungai cikenanga

0 Komentar