8 Macam Makanan Penambah Darah untuk Cegah Anemia, Simak Daftarnya

Makanan Penambah Darah (alokamedicare.in/ Blibli.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVMakanan penambah darah baik untuk di konsumsi, apalagi jika seseorang menderita anemia atau kurang darah. Hal tersebut bisa di dapat dari berbagai sumber makanan dari bahan nabati yakni pada beberapa sayuran hingga buah-buahan.

Tak ketinggalan, sumber hewani juga bisa menjadi opsi lainnya di samping sumber nabati. Maka, penting bagi seseorang untuk tetap menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh dengan cara mengonsumsi berbagai makanan yang dapat meningkatkan hemoglobin.

Untuk itu, seseorang perlu melengkapi kebutuhan nutrisi seperti zat besi, asam folat, vitamin B12 hingga vitamin C. Mari ketahui berbagai jenis asupan penambah darah apa saja yang perlu di konsumsi seseorang yang akan di infokan berikut ini.

Baca Juga:Berencana Ingin Menaikkan Berat Badan? Coba 7 Makanan Tinggi Kalori Ini untuk Membantu Menambah Kalori Tubuh10 Makanan Penghancur Lemak Ini Dapat Membantumu Saat Sedang Menurunkan Berat Badan, Simak Daftarnya

Makanan Penambah Darah

1. Bayam

Salah satu contohnya yaitu sayuran berwarna hijau gelap berupa bayam. Dalam bayam, mengandung sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Agar kandungan nutrisi didalamnya tetap terjaga, maka usahakan agar tidak memasaknya terlalu lama.

2. Daging dan Jeroan

Daging menjadi salah satu sumber hewani yang dapat di konsumsi bagi penderita anemia untuk meningkatkan hemoglobin. Ada beberapa contoh daging, misalnya daging merah. Misalnya saja daging sapi, daging kambing, daging domba, dan daging domba. 

Kemudian, daging unggas juga dapat di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada seseorang. Misalnya daging ayam, bebek, dan lainnya. Untuk jeroan seperti hati sapi, juga mengandung zat besi sekitar 6,5 mg dalam 100 gram hati sapi. Namun untuk jeroan perlu berhati-hati agar tidak berlebihan.

3. Ikan dan Aneka Seafood

Makanan penambah darah lainnya yaitu ikan. Ikan berlemak sehat seperti tuna dan salmon, disinyalir dapat meningkatkan hemoglobin. Bukan hanya mengandung lemak sehat, namun juga terdapat kandungan zat besi yang tinggi.

Sementara untuk beberapa jenis seafood seperti udang, kerang, kepiting juga dapat membantu untuk menambah hemoglobin. Hanya saja untuk seafood, perlu berhati-hati agar tidak berlebihan sehingga dalam mengonsumsinya pun sebaiknya secukupnya.

4. Buah Sitrus

Jenis buah seperti buah sitrus, di kenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C tersebut mampu membantu proses penyerapan zat besi yang berperan dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh. Contoh buah sitrus yaitu jeruk dan lemon.

5. Stroberi

Selain buah sitrus, stroberi juga mengandung vitamin C yang tinggi yang tentunya berguna untuk mencegah terjadinya anemia. Bukan hanya itu, stroberi mengandung antioksidan sehingga dapat berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari berbagai radikal bebas.

Baca Juga:Menggiurkan! Inilah Daftar Makanan Khas Bandung, Mulai dari Camilan Hingga Makanan BeratInilah Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Perlu Kamu Coba, Rasanya Ngangenin!

6. Ubi

Makanan untuk penambah darah lainnya yaitu ubi. Ubi merupakan sumber folat yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu, ubi juga mengandung sifat antikanker, dimana jika di konsumsi secara rutin dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan pada sel kanker.

7. Alpukat

Buah alpukat bukan hanya berperan sebagai sumber zat besi, namun juga menjadi sumber folat. Jika mengonsumsi alpukat sebanyak setengah buah, maka dapat memberikan kandungan folat pada tubuh sebanyak 80 mg. Dengan begitu, dapat membantu untuk mengurangi risiko kekurangan darah.

8. Telur Ayam

Selain daging, ikan hingga seafood, telur ayam menjadi opsi lain untuk sumber hewani yang dapat meningkatkan hemoglobin. Bukan hanya menjadi sumber protein, namun telur ayam juga menjadi sumber zat besi. Telur juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya karena mengandung kalsium, karbohidrat, vitamin B2, dan lain-lain.

0 Komentar