Ada Banyak Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh yang Tak Kalah Dari Susu Sapi, Jagoan Kamu yang Mana?

jovee.id
jovee.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Perlu kamu ketahui bahwa susu kedelai ini tidak kalah bergizi dengan susu sapi. Ada banyak manfaat susu kedelai adalah menyehatkan tubuh, otak, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kadar kolesterol, hingga bisa memperkuat tulang.

Susu kedelai atau biasa di kenal juga dengan soya ini merupakan minuman nabati yang terbuat dari kedelai. Untuk proses pembuatannya juga melibatkan perendaman biji kering selama 8-12 jam, kemudian nantinya di giling. Di dalam segelas susu kedelai ukuran sedang 244 gram mengandung banyak nutrisi.

Bahkan susu kedelai juga bisa menjadi pengganti susu bebas laktosa yang bermanfaat untuk kesehatan. Jenis susu ini pun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang dengan gaya hidup vegetarian atau memiliki alergi laktosa. Berikut ini beberapa manfaat susu kedelai untuk tubuh.

Baca Juga:Mengejutkan! Ternyata Ini Dia Dampak Jika Berhenti Konsumsi Gula, Baik untuk Kesehatan Kulit Kamu Serta Kesehatan GigiTernyata ini Efek Bahaya Tidak Makan Gula Sama Sekali, Bisa Menurunkan Fungsi Otak dan Kehilangan Energi

Manfaat Susu Kedelai untuk Tubuh

1. Meningkat Kesehatan Jantung

Manfaat pertama ini mampu meningkatkan kesehatan jantung. Salah satu alasannya adalah karena minuman ini mengandung potasium. Kaliumnya ini juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi tetap teratur.

2. Baik Bagi Kesehatan Otak

Susu soya ini mengandung isoflavon yang memberikan efek menguntungkan pada kognisi. Menurut studi menjelaskan, isoflavon merupakan fitoestrogen yang aktivitasnya mirip dengan estrogen. Ternyata kandungan tersebut bisa menghilangkan amiloid β10, dan mengurangi fosforilasi yang mampu mencegah penyakit Alzheimer.

3. Mengurangi Gejala Menopause

Senyawa yang ada, yaitu Isoflavon bereaksi dalam tubuh seperti bentuk estrogen. Jika kamu mengonsumsi susu kedelai maupun produk kedelai lainnya bisa membantu mengurangi gejala menopause. Misalnya gejala hot flashes. Manfaat lain dari susu kedelai ini mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, serta adanya gelaja pascamenopause.

4. Menjaga Kadar Kolesterol

Dari jurnal ilmiah berjudul Effect of two types of soy milk and dairy milk on plasma lipids in hypercholesterolemic adults: a randomized trial yang terbit dalam Journal of the American College of Nutrition. Minum susu soya ini bisa menjaga kadar kolesterol. Kamu bisa mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari. Jangan lupa untuk mengonsumsinya secara rutin untuk bisa memicu penurunan kolesterol jahat.

5. Sebagai Antidepresan

Manfaat susu kedelai bagi tubuh ini mampu meningkatkan mood atau suasana hari. Hal ini karena adanya kandungan vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang  bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati. Serta susu kedelai ini kaya akan magnesium yang mampu melepaskan hormon serotonin dalam tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan ini mampu mengelola gejala depresi.

6. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, pilihan dari susu kedelai ini cocok bagi kamu karena manfaat susu kedelai baik untuk tubuh. Pada umumnya susu kedelai memiliki kandungan kalori yang lebih rendah di bandingkan dengan susu sapi. Pengurangan asupan kalori pun bisa membantu mencapai defisit kalori, yang penting untuk menurunkan berat badan. 

***

0 Komentar