Suka Wisata Kuliner? Ini Dia, Deretan Makanan Indonesia dari Berbagai Wilayah, Cobain Dong!

Suka Wisata Kuliner? Ini Dia, Deretan Makanan Indonesia dari Berbagai Wilayah, Cobain Dong!
Daftar Makanan Indonesia (Pasundan Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Indonesia merupakan negara dengan budaya yang beragam, bahkan dalam persoalan makanan. Dengan kekayaan rempahnya, membuat setiap sajian hidangan pun terasa lezat. Apalagi, setiap daerah di Indonesia, memiliki ciri khasnya tersendiri. Ada berbagai jenis hidangan yang tersebar di berbagai wilayah yang mungkin bisa kamu coba dan tentunya kamu ketahui. Berikut daftarnya.

1. Rendang

Salah satu kuliner dari Sumatra Barat ini, di buat dengan menggunakan bahan utama daging yang di masak dengan bumbu rempah dan santan. Pemasakannya pun lama sehingga bumbu akan meresap ke dalam daging.

Rasanya pun lezat dan kerap menjadi sebuah hidangan yang biasanya tersaji saat musim lebaran, terutama idul Adha. Bahkan, bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun rendang juga sudah terkenal di dunia dengan torehan prestasinya karena masuk ke dalam makanan terlezat di dunia pada ajang  “World’s 50 Most Delicious Foods” oleh CNN International di tahun 2011.

Baca Juga:Masyarakat Indonesia Patut Berbangga Hati! Inilah Deretan Makanan Indonesia yang Mendunia, Sudah Coba Semuanya?Ide Makanan Berkuah untuk Disantap Saat Musim Hujan, Bukan Hanya Hangat Tapi Juga Nikmat!

2. Bika Ambon

Makanan Indonesia yang berasal dari Sumatra Utara ini, merupakan sebuah kudapan yang terbuat dari tepung tapioka, telur, santan, dan gula. Untuk membuatnya pun cukup lama, dapat memakan waktu hingga 12 jam. Bika ambon memiliki berbagai varian rasa yang beragam, seperti keju, pandan, dan lain-lain.

3. Pempek

Panganan dari Sumatra Selatan ini, terbuat dari tepung sagu dengan campuran ikan, penyedap rasa, telur dan bumbu-bumbu lainnya. Pempek yang konon masuk ke dalam daftar makanan laut terenak di dunia versi Taste Atlas pada 23 Maret 2023 ini, di sajikan bersama kuah cuka dengan rasa yang asam, manis, pedas.

4. Mie Aceh

Jika melihat namanya, pastinya sudah di ketahui bukan jika hidangan ini berasal dari Aceh? Hidangan khas Aceh ini, di buat dengan menggunakan mie kuning tebal yang berisi daging sapi, kambing, atau seafood. Lalu di siram dengan kuah kari dengan rasa gurih dan pedas serta di beri taburan bawang goreng, bawang merah, mentimun, jeruk nipis,dan emping.

5. Mie Bangka

Sejenis dengan mie aceh karena sama-sama berbahan dasar mie, mie bangka merupakan hidangan bakmi asal Bangka Belitung yang disajikan dengan berbagai isian. Seperti udang, irisan ayam, bakso sapi, dan lain-lain.

6. Gulai Ikan Patin

Makanan Indonesia selanjutnya yakni gulai ikan patin khas Jambi yang di buat dengan menggunakan ikan patin. Kemudian di beri bumbu dan rempah yang menghasilkan rasa lezat dan cocok untuk menjadi menu pendamping nasi.

7. Kerak Telor

Jakarta juga punya hidangan khas bernama kerak telor. Hidangan ini terbuat dari ketan putih yang di beri parutan kelapa, telur ayam atau bebek, ebi, dan bawang goreng serta di masak hingga membentuk kerak.

8. Tahu Gejrot

Kuliner khas Cirebon ini di sajikan dengan menggunakan tahu yang di beri kuah berwarna cokelat dengan rasa asam manis. Kemudian, di tambah dengan bawang merah yang di ulek dan cabai rawit yang di ulek untuk menambah rasa pedas.

Baca Juga:Apa Itu Alergi Makanan dan Apa Saja Makanan yang Menyebabkan Alergi? Simak Info SelengkapnyaWaduh! Hindari Konsumsi Teh dan Makanan Ini, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan!

9. Serabi

Camilan bernama serabi ini merupakan hidangan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, santan, dan bahan lainnya. Serabi bisa di buat dalam bentuk rasa yang manis dan asin, tergantung dengan toping yang di gunakan.

10. Gudeg

Yogyakarta punya gudeg yang terbuat dari nangka muda, di masak dengan santan dan di sajikan dengan berbagai tambahan lainnya. Seperti ayam kampung, telur, tahu, sambal krecek, dan lainnya.

Selain makanan Indonesia yang telah disebutkan, ada beberapa makanan lainnya yang mungkin ingin kamu coba. Seperti sup konro dari Sulawesi Selatan, papeda dari Papua, lumpia dari Semarang, rawon dari Jawa Timur, dan masih banyak lagi.

0 Komentar