Bagus Untuk Kesehatan: Inilah Manfaat Senam Kegel bagi Pria dan Wanita

Senam Kegel
Sumber: GenPI.co
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika kamu ingin mempunyai badan yang sehat maka rajinlah berolahraga. Nah, berikut ini ada info penting tentang manfaat senam kegel bagi pria dan wanita. Penasaran? Simak!

1. Senam kegel bisa meningkatkan performa seksual 

Senam kegel pada dasarnya penting untuk menjaga kondisi seksual pasangan suami istri. Kondisi otot dasar panggul menjadi salah satu faktor pendukung tercapainya kenikmatan seksual bagi Anda dan pasangan. Sebab orgasme sebenarnya membutuhkan kekuatan otot dasar panggul.

Menurut para ahli, banyak darah yang mengalir ke organ intim wanita saat kontraksi. Hal ini menyebabkan noda atau kebocoran cairan. Nah, kontraksi yang semakin intens ini akan meningkatkan kualitas seks Anda dan pasangan. Selain itu, rutin melakukan senam dasar panggul atau Kegel juga dapat mencegah ejakulasi dini.

Baca Juga:Wajib Tahu! Inilah Manfaat Krim Vitamin E – Kulit Sehat, Cerah dan Segar5 Pilihan Warna Lipstik yang Cocok Dipakai di Acara Penting : Semua Orang Bakal Terpesona

2. Senam kegel membantu proses pemulihan organ intim pasca melahirkan 

Senam kegel bisa melancarkan peredaran darah di organ intim. Dapat membantu memulihkan kondisi organ intim wanita pasca prosedur epistomi saat melahirkan. Kemudian ia juga mampu memulihkan berbagai sel dan jaringan organ intim yang rusak saat melahirkan.Senam kegel juga dapat menutup organ intim wanita yang membesar setelah melahirkan normal..

3. Senam kegel membantu menjaga kontrol otot untuk buang air 

Inkontinensia urin adalah suatu kondisi dimana buang air kecil tidak dapat dikontrol. Akibatnya, urine bisa keluar secara tidak terduga dan Anda harus menggunakan popok saat penyakit ini terjadi. Hal ini pada dasarnya disebabkan oleh melemahnya otot panggul. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa senam dasar panggul dapat membantu mengatasi kelemahan dasar panggul. Namun, untuk hasil yang optimal, sebaiknya Anda berolahraga di bawah pengawasan fisioterapis atau dokter rehabilitasi.

Jelas membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan kembali kekuatan otot dasar panggul dan mengurangi gejala kencing. Oleh karena itu, latihan otot dasar panggul sebaiknya dilakukan secara rutin, minimal selama 3 bulan..

4. Senam kegel mengatasi disfungsi ereksi 

Menurut berbagai penelitian, senam kegel juga cukup efektif mengatasi salah satu masalah seksual yang sering terjadi pada pria, yaitu disfungsi ereksi. Dalam sebuah penelitian, sekelompok pria melatih otot dasar panggulnya dengan melakukan senam Kegel secara rutin selama enam bulan. Hasilnya, hingga 40 persen dari mereka mendapatkan kembali fungsi ereksi normal. Hal ini dikarenakan senam kegel membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigenasi yang baik, sehingga dapat membantu proses ereksi.

5. Senam kegel membuat proses kehamilan lebih lancar dan nyaman 

Sebagai seorang ibu hamil, biasanya terdapat beberapa permasalahan yang dikeluhkan oleh negara terhadap kondisi tubuhnya. Senam kegel juga dapat membantu ibu hamil mengatasi hal tersebut. Beberapa permasalahan selama kehamilan yang dapat diatasi dengan rutin senam kegel adalah nyeri pinggang, sembelit, sulit mengontrol tinja, serta nyeri saat buang air kecil, buang air besar, dan berhubungan badan..

0 Komentar