Daftar Destinasi Wisata di Jawa Tengah untuk Menghilangkan Penat dan Membuat Pikiran Menjadi Rileks

wisata jawa tengah
Destinasi Wisata di Jawa Tengah (Dokumen Silancur Highland)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Destinasi wisata di Jawa Tengah dapat menjadi referensi untuk berlibur atau menghabiskan waktu luang. Provinsi tersebut menyimpan banyak peninggalan bersejarah yang wajib dikunjungi dalam rangka menikmati wisata edukasi.

Namun tak hanya sekedar peninggalan bersejarah saja, destinasi wisata di Jawa Tengah lainnya pun beragam. Mulai dari bermacam-macam gunung hingga wisata yang bernuansa air seperti air terjun, pantai, dan pemandian air panas.

Panorama alam yang ditawarkan oleh sederet destinasi wisata di Jawa Tengah ini, cocok untuk menghilangkan penat dan membuat pikiran menjadi rileks. Berikut ini, beberapa macam destinasi yang bisa didatangi saat sedang berada di Jawa Tengah.

Baca Juga:Macam-macam Makanan Khas Jawa Tengah, Mulai dari Makanan Ringan Hingga Makanan BeratJangan Tunggu Sampai Terjadi Kerusakan! Inilah, 5 Daftar Makanan yang Dapat Merusak Otak

Destinasi Wisata di Jawa Tengah 

1. Tegal

Jika membicarakan mengenai Tegal, mungkin dapat membuat teringat akan singkatan dari warteg atau warung tegal yang merupakan rumah makan khas dari Tegal. Namun selain mempunyai rumah makan khas tersebut, Tegal juga mempunyai berbagai macam destinasi wisata. 

Ada berbagai macam wisata yang dapat dikunjungi saat berada di Tegal. Seperti Rita Park Tegal yang merupakan taman hiburan yang populer di Tegal, kemudian ada Pantai Alam Indah, Pemandian Air Panas Guci, Bahari Water Park, dan lain-lain.

2. Magelang

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Magelang yakni Candi Borobudur. Candi Borobudur bukan hanya sekedar bangunan bersejarah, namun juga menawarkan pemandangan yang elok dan memikat. Dari Candi Borobudur, pemandangan sunrise dengan keindahannya yang menakjubkan dapat dinikmati.

Selain Candi Borobudur, Magelang juga menawarkan destinasi lainnya yang tak kalah menarik. Seperti Gardu Pandang Ketep Pass, Silancur Highland, Mangli Sky View, dan tempat wisata lainnya yang diantaranya menawarkan pemandangan berupa berbagai pegunungan.

3. Semarang

Tidak hanya terkenal dengan lumpia hingga bandeng presto, Semarang menyimpan banyak wisata menarik yang tak boleh dilewatkan. Wisata tersebut berupa Candi Gedong Songo, Taman Bunga Celosia, Wisata Alam Perantunan, Dusun Semilir Eco Park, Pantai Maron, Pantai Marina dan lain-lain.

Bagi yang senang dengan bangunan kuno dan antik, maka bisa kunjungi Lawang Sewu yang merupakan gedung megah berarsitektur art deco, yang dahulu digunakan Belanda sebagai Kantor Pusat Kereta Api (Trem) atau Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij (NIS).

4. Tawangmangu

Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata yang berada di Tawangmangu, Jawa Tengah ini, menjadi pilihan yang pas untuk didatangi saat liburan karena memiliki udara yang sejuk dan segar.

Baca Juga:8 Makanan Pengganti Nasi dengan Kalori yang Rendah Bagi Kamu yang Berencana DietJangan Sampai Salah! Ini Dia, Pilihan Wadah yang Aman untuk Menyimpan Makanan

Tawangmangu mempunyai berbagai tujuan wisata alam yang indah. Diantaranya yakni Air Terjun Jumog, Air Terjun Grojogan Sewu, Sakura Hills, Taman Balekambang, Gunung Gamping, Embun Lawu, Bukit Sekipan, dan lain-lain.

5. Dieng

Dataran tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini mempunyai beragam destinasi favorit wisatawan. Misalnya saja Bukit Sikunir yang menjadi destinasi favorit untuk menikmati panorama matahari terbit dari atas bukit.

Kemudian bagi para pendaki, bisa mencoba untuk mendaki Gunung Prau yang menawarkan pemandangan berupa Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan gunung lainnya. Ada juga destinasi wisata berupa telaga seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Dringo dan masih banyak lagi.

6. Baturaden

Baturaden berada di lereng Selatan Gunung Slamet, di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona dan menjadi salah satu destinasi terbaik bagi para penyuka wisata alam.

Ada beberapa wisata alam yang tersedia diantaranya yakni Bukit Bintang, Curug Telu, Curug Jenggala, Kebun Raya, Lokawisata Baturaden, Pancuran Pitu, The Lawu Park, dan masih banyak wisata lainnya.

 

 

 

 

0 Komentar