Hati-Hati Gejala Penyakit Serius! 6 Penyebab Ketiak Basah Secara Berlebihan Pada Wanita

basah ketiak.jpg
priveeclinic.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sebetulnya ketiak basah ini merupakan suatu hal yang biasa terjadi dan normal-normal saja. Tetapi jika ketiak basah secara berlebihan mungkin akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui penyebab ketiak basah berlebihan.

Produksi keringat berlebih juga bisa membuat ketiak basah dan membekas di pakaian kamu. Kondisi itu tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri kamu dan bisa berdampak pada kegiatan kamu. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini beberapa penyebab ketiak basah berlebihan.

Penyebab Ketiak Basah Berlebihan

1. Faktor Makanan

Perlu kamu ketahui, bahwa makanan yang kamu konsumsi ini bisa berpengaruh juga pada produktivitas keringat. Makanan yang bisa menghasilkan keringat berlebih ini, seperti makanan pedas yang akan meningkatkan suhu tubuh karena otak merespons kandungan capsaicin pada cabai.

Baca Juga:Bisa Menghambat Aktivitas Kamu, Berikut 5 Penyebab Ketiak Gatal yang Bisa Menyebabkan Iritasi KulitIritasi Pada Ketiak, Ternyata ini Penyebab Ketiak Kamu Mudah Menghitam Cari Tahu Cara Mengatasinya

Sifat panas dari Capsaicin ini panas sehingga ketika masuk ke dalam tubuh, suhu tubuh nantinya meningkat dan secara otomatis kelenjar keringat akan berusaha menurunkan suhu tubuh dengan memproduksi keringat. Tidak hanya makanan pedas, namun minuman yang berkafein juga bisa membuat tubuhmu berkeringat lebih banyak.

2. Kelenjar Keringat Terlalu Aktif

Bagi wanita yang mengalami ketiak basah secara berlebihan ini bisa disebabkan karena kondisi hyperhidrosis. Meskipun kamu tidak melakukan aktivitas gerak apapun, pasti terus mengeluarkan keringat berlebih. Kondisi ini bisa disebabkan karena faktor genetika atau kondisi medis tertentu, seperti penderita diabetes, asam urat, atau orang yang obesitas.

3. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Penyebab ketiak basah secara berlebihan ini bisa karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Kemungkinan besar obat yang kamu konsumsi memiliki efek samping terhadap kelenjar keringat. Biasanya, obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, antidepresan, dan anti-inflamasi lah yang bisa membuat tubuh kamu jadi lebih mudah berkeringat secara berlebihan.

4. Faktor Cuaca

Sebetulnya tubuh manusia ini sangat sensitif terhadap suhu udara. Di saat suhu panas makan suhu udara pun meningkat dan tubuh akan memberikan respons alami berupa produksi keringat. Saat ketiak kamu basah di cuaca panas maka cara mengatasinya dengan memakai antiperspirant atau deodorant sebelum mandi. Jangan lupa juga untuk menggunakan akaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat.

5. Berolahraga

Mungkin ketiak basah setelah selesai berolahraga menjadi hal umum terjadi. Keringat merupakan reaksi alami tubuh untuk menurunkan suhu. Aktivitas fisik seperti olahraga mampu meningkatkan suhu tubuh. Itulah sebabnya kita sering merasa panas saat berolahraga. Untuk mengatasinya dengan menggunakan antiperspirant sebelum memulai aktivitas olahraga.

6. Gejala Penyakit Serius

Gejala penyakit serius juga bisa menjadi penyebab ketiak basah secara berlebihan pada wanita. Keringat berlebih yang keluar pada saat cuaca tidak begitu panas atau tidak pada saat melakukan aktivitas fisik bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius. Penyakit yang bisa membuat penderitanya berkeringat ini, seperti penyakit jantung, gangguan tiroid, diabetes, demam berdarah, dan jenis penyakit lainnya. 

Perhatikan juga jika kamu sering berkeringat pada malam hari atau tidak saat melakukan aktivitas fisik, periksakanlah diri ke dokter untuk mewaspadai adanya gejala penyakit yang lebih serius.

***

0 Komentar