Bisa Menghambat Aktivitas Kamu, Berikut 5 Penyebab Ketiak Gatal yang Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit

KETIAK GATAL.jpg
alodokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Ketiak yang gatal ini memang bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari dan tampila tidak percaya diri. Penyebab ketiak gatal ini bisa disebabkan karena dermatitis kontak, rambut tumbuh ke dalam, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab ketiak gatal.

Sebetulnya rasa gatal ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Namun, jika ketiak gatal, hal itu tentu membuat kamu tidak nyaman, bakan juga malu untuk menggaruknya. Sangat penting sekali untuk mencari tahu penyebab ketiak yang gatal ini. Berikut ini beberapa penyebab ketiak gatal yang harus diwaspadai oleh kamu.

Penyebab Ketiak Gatal

1. Folikulitis

Folikulitis merupakan peradangan pada folikel rambut yang terjadi akibat infeksi bakteri, hal ini biasanya akibat Staphylococcus aureus. Ternyata bakteri ini bisa masuk melalui kulit yang terbuka, bahkan bisa hidup pada pisau cukur yang sudah tua. Maka tak heran bisa terasa sangat gatal bahkan menyakitkan.

Baca Juga:Iritasi Pada Ketiak, Ternyata ini Penyebab Ketiak Kamu Mudah Menghitam Cari Tahu Cara MengatasinyaEnggak Perlu Laser, 5 Tips Mencerahkan Ketiak Hitam Secara Alami dengan Bahan-Bahan yang Mudah Ditemukan

2. Dermatitis Kontak

Penyebab ketiak gatal ini diakibatkan karena Dermatitis kontak pada ketiak bisa terjadi ketika sesuatu menyentuh area kulit tersebut dan menyebabkan iritasi. Misalnya, deodoran, sabun mandi, parfum, deterjen dari baju atau besi dari alat cukur ketiak. Ternyata hal tersebut seringkali menyebabkan ketiak menjadi merah, gatal dan seperti terbakar. Tidak hanya itu, area kulit tersebut rentan lecet, ruamnya bisa bertambah parah dan menyebar.

3. Infeksi Jamur

Infeksi Jamur atau candidia ini bisa tumbuh di lingkungan hangat dan lembap seperti ketiak. Jika kelebihan berat badan, mengidap diabetes, atau penggunaan antibiotik baru-baru ini bisa membuat kamu berisiko terkena infeksi kulit pada ketiak juga, loh. Adanya infeksi jamur Candida menimbulkan gejala berupa bercak merah cerah yang berada dikelilingi benjolan merah kecil (satelitosis). 

4. Ruam Panas

Di saat saluran keringat pada ketiak tidak bisa bernapas yang sering terjadi di kondisi hangat, saluran tersebut menjebak keringat di bawah kulit dan bisa menimbulkan bentol, benjolan dan lepuh. Lalu, ruam tersebut terinfeksi, mungkin kamu akan melihat sekumpulan benjolan kecil dan pustula yang lebih seragam.

5. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Kemudian penyebab ketiak gatal ini juga bisa disebabkan karena rambut yang tumbuh ke dalam. Kondisi ini terjadi ketika rambut di ketiak tumbuh kembali ke dalam kulit. Tubuh menganggapnya sebagai benda asing dan bereaksi dengan mengirimkan sel inflamasi ke rambut. 

Nah, kondisi ini terjadi sehingga menyebabkan benjolan merah atau merah muda di sekitar rambut. Kamu akan merasa sangat gatal bahkan nyeri. Ingrown hair sering kali terjadi pada orang yang memiliki rambut lebih tebal atau kasar.

Beberapa penyebab tadi tidak bisa kamu anggap remeh dan harus segara diatasi supaya aktivitas kamu tidak terganggu.

***

0 Komentar