Rapat Pleno Pemilu 2024 Kec. Kesambi

0 Komentar

Rapat pleno rekapitulasi suara di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, yang telah berlangsung sejak Senin kemarin, sempat tertunda penghitungan untuk 5 kelurahan karena terdapat 2 TPS di Kelurahan Kesambi dan Karya Mulya yang harus melakukan pemungutan suara ulang. Hasil temuan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kesambi menyebutkan bahwa beberapa petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan kesalahan dalam menginput jumlah hasil suara, sehingga menimbulkan keterlambatan proses rekapitulasi di tingkat PPK.

Pada Selasa pagi, Panitia Pemilihan Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, mulai melakukan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 hari kedua, masih dengan penghitungan suara untuk TPS di 3 kelurahan, yaitu Drajat, Pekiringan, dan Sunyaragi. Rapat ini turut disaksikan oleh saksi dari perwakilan berbagai partai politik, panitia pengawasan kecamatan, panitia pemungutan suara, kelompok penyelenggara pemungutan suara, serta perwakilan Komisi Pemilihan Umum, yang berlangsung di halaman Kecamatan Kesambi.

Dalam pelaksanaan pleno hingga Selasa siang, kerap dijumpai kesalahan perhitungan hasil jumlah pemilih oleh petugas KPPS, karena kelelahan dan kurangnya konsentrasi petugas pada proses rekapitulasi di tingkat TPS. Para saksi yang hadir, berserta petugas PPK Kesambi, turut mengkoordinasikan kembali temuan tersebut sehingga proses pengunggahan rekapitulasi pada aplikasi SIREKAP di tingkat PPK berlangsung transparan dan adil.

Baca Juga:Tiga Siswa TenggelamKasus 3 Siswa Tewas Tenggelam

Ketua PPK Kesambi, Putra Adhari, menjelaskan bahwa hasil temuan kesalahan input jumlah hasil suara yang menyebabkan keterlambatan proses rekapitulasi akan dibuatkan sebuah berita acara yang bersis kejadian khusus yang akan dilaporkan kembali kepada KPU Kota Cirebon.

Meski PPK Kesambi sempat menunda rekapitulasi untuk kelurahan Kesambi dan Karya Mulya karena menunggu keputusan KPU terkait TPS 02 Kesambi dan TPS 27 Karya Mulya yang harus melakukan pemungutan suara ulang, direncanakan akan kembali dilakukan penghitungan suara untuk 5 kelurahan pada keesokan harinya.

0 Komentar