Nisfu Syaban Adalah Hari ke-15 Bulan Syaban – Ini Dia Keistimewaannya!

Keistimewaan Nisfu Syaban
Keistimewaan Nisfu Syaban Bagi Kaum Muslim (Youtube: NU online)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sahabat muslim yang gemar membaca, yuk simak dan share artikel ini. Akan dibahas tentang beberapa keistimewaan Nisfu Syaban. 

Nisfu Syaban memiliki empat keistimewaan yang dirampas umat Islam. Inilah keistimewaan yang dimaksud, mengutip Taudhihul Adillah karya M. Syafi’i Hadzami dan Meraih Keberkahan di Bulan Hijriah karya Siti Zamratus Sa’adah:

1. Malam Penuh Rahmat

Salah satu keistimewaan Nisfu Syaban adalah malam yang penuh rahmat Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:Ini Dia Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 – Begini Bacaan Niatnya!Kupas Spesifikasi Toyota GR Yaris – Mobil dengan Performa Maksimal

“(Rahmat) Allah turun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya’ban untuk mengampuni segala sesuatu, kecuali bagi orang musyrik atau orang yang munafik.”

Hadits ini menegaskan bahwa malam Nisfu Syaban adalah saat dimana Allah SWT menurunkan rahmat-Nya, mengampuni hamba-hamba-Nya yang bertaubat dan memohon ampun. Hal ini menunjukkan pentingnya memanfaatkan malam ini untuk bertaubat dan meningkatkan hubungan dengan Allah SWT.

2. Malam Penuh Ampunan

Kumpulan rekomendasi Nisfu Syaban menjelaskan banyak hal tentang keutamaan malam. Disebutkan dalam Hadits bahwa Nisfu Syaban adalah malam dimana Allah SWT mengampuni dosa hamba-hamba-Nya. Hal ini sesuai dengan riwayat yang berbunyi:

“Allah Yang Maha Mulia memandang kepada semua ciptaan-Nya pada malam Nisfu Sya’ban, kemudian Allah mengampuni semua ciptaan-Nya kecuali orang-orang yang musyrik dan yang membawa permusuhan.”

Dari sini kita memahami bahwa malam Nisfu Syaban merupakan kesempatan besar bagi umat Islam untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

3. Dikabulkan Doa-Doanya oleh Allah SWT

Dalam hadits riwayat Ahmad, Nabi Muhammad SAW menyebutkan lima malam yang tidak tertolak doanya, salah satunya adalah malam Nisfu Syaban. Hal ini menunjukkan bahwa malam ini adalah waktu yang istimewa dimana Allah SWT mengabulkan doa-doa yang iseng dan khusyuk.

“Ada lima malam di mana doa tidak ditolak: Malam pertama dari bulan Rajab, Malam Nisfu Sya’ban, Malam Jumat, Malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha.”

Baca Juga:Emang Boleh Sebagus Ini : Inilah Rekomendasi TWS untuk Olahraga Terbaik – Harga TerjangkauWajib Dicoba : Ternyata Begini Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah

4. Memperbanyak Amal Ibadah

Nabi SAW juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak ibadah pada malam Nisfu Syaban. Dalam hadis riwayat Baihaq beliau berkata:

“Ketika malam Nisfu Sya’ban tiba, dianjurkan untuk melaksanakan salat pada malamnya dan berpuasa pada siang harinya. Allah mengundang hamba-Nya pada saat matahari tenggelam, seraya berfirman, ‘Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, pasti Aku akan mengampuninya. Siapa yang meminta rezeki kepada-Ku, pasti Aku akan memberikannya. Siapa yang sakit, pasti Aku akan menyembuhkannya. Dan siapa pun yang memiliki hajat, pasti Aku akan mengabulkannya.’ Hal ini berlangsung hingga fajar menyingsing.”

Hadits ini memberikan gambaran bahwa malam Nisfu Syaban merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk menunaikan ibadah keagamaan seperti shalat malam dan puasa sunnah serta memperbanyak jumlah shalat dan zikir. Allah SWT.

 

0 Komentar