Bukan Pakai Beras, Begini Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

HP Kemasukan air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air (Jose A. Bernat Bacete/ Gety Images)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat sedang berlibur ke pantai atau berenang di kolam renang, maka mengabadikan momen dengan menggunakan HP merupakan hal yang lumrah dilakukan. Namun perlu berhati-hati. Saat momen liburan tersebut, bisa saja HP kemasukan air. Tak perlu panik jika hal itu terjadi, ada beberapa cara mengatasi HP yang kemasukan air. 

Ada mitos yang mengatakan, jika beras mampu memperbaiki ponsel yang rusak karena air. Benarkah begitu? Melansir dari Asurion, ponsel yang dimasukkan ke dalam beras dapat menyerap kelembapan. Hanya saja, ada masalah lainnya yang akan timbul pada HP sebagai efek sampingnya.

Jika dimasukkan ke dalam beras, maka akan timbul masalah seperti masuknya debu dan pati kering yang mungkin ada di beras. Debu dan pati kering itu, dapat masuk ke dalam celah HP. Selain itu, beras juga  berpotensi tersangkut di port pengisian daya ponsel atau jack headphone, sehingga sangat sulit dikeluarkan karena beras akan membengkak saat terkena cairan. 

Baca Juga:Review HP Oppo A79 5G: Mengupas Segala Sisi dari Segi Spesifikasi dan HargaCatat! Realme 12 Series 5G Akan Segera Meluncur pada 29 Februari 2024, Intip Bocoran Spesifikasinya

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Berdasarkan dari tips yang dilansir dari Asurion, ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika HP tak sengaja terjatuh ke dalam air maupun dalam kondisi basah. Berikut beberapa langkahnya.

1. Segera ambil HP jika HP berada di dalam air. Jika semakin lama, maka akan semakin banyak cairan yang meresap ke dalam komponen HP.

2. Matikan HP. Kemudian lepaskan bagian pelindungnya dan buka bagian belakang untuk mengeluarkan baterai, kartu SIM, dan kartu microSD. 

3. Gunakan kain atau handuk kertas untuk mengeringkan. Usahakan, jangan sampai menggosoknya karena jika hal itu dilakukan, maka secara tidak sengaja dapat mendorong cairan ke bagian komponen HP yang lebih sensitif.

4. Sebaiknya tak dijemur di bawah sinar matahari, namun cukup simpan saja pada tempat yang sejuk dan kering untuk membantu menghilangkan air.

5. Jika mempunyai silika gel, maka bisa gunakan itu untuk membantu menghilangkan air. Biasanya, silika gel didapatkan dari produk baru seperti sepatu atau lainnya. Simpan HP dengan silika gel ke dalam kantong, biarkan selama 24-48 jam.

6. Apabila HP sudah benar-benar kering, maka coba untuk menghidupkannya. Jika tidak langsung menyala, maka isi daya sampai penuh dan coba kembali untuk menghidupkannya.

Baca Juga:Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Batik Edition, Meluncur dengan Sentuhan Motif Batik KawungSedang Mengincar yang Baru? Ini Dia, Deretan HP Baru di 2024 Berikut dengan Spesifikasi dan Harganya

Perlu diketahui, jika bisa menyala kembali, maka hal ini merupakan hal yang bagus. Namun pantau sampai  satu minggu ke depan, sebab bisa saja ada fitur tertentu pada HP yang tidak berfungsi seperti sebelumnya.

0 Komentar