Simak Inilah Cara Merawat Ban Motor agar Tetap Awet di Musim Hujan

Cara Merawat Ban Motor
Cara Merawat Ban Motor/blibli.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi kamu yang mempunyai motor, harus merawat dengan baik yah. Berikut ini Cara Merawat Ban Motor saat musim hujan. 

Pengendara sepeda motor hendaknya memberikan perhatian ekstra terhadap kondisi kendaraan kesayangannya saat musim hujan tiba. Intinya sepeda motor harus dalam kondisi prima agar tahan terhadap hujan deras dan jalanan basah. Nah, salah satu bagian terpenting dari sebuah sepeda motor saat musim hujan adalah ban sepeda motor. Soalnya ban yang rusak bisa menyebabkan sepeda motor selip karena jalanan licin akibat hujan. Ingin tahu cara yang benar untuk menjaga kualitas ban sepeda motor Anda? Yuk simak tipsnya di bawah ini!

Memastikan tekanan angin ban

Agar nyaman berkendara saat hujan, sebaiknya periksa dulu tekanan udara ban sepeda motor Anda. Jangan biarkan tekanan ban terlalu rendah atau terlalu tinggi, sehingga sepeda motor Anda tidak mudah terguling di jalan.

Baca Juga:Harus Tahu ! Ini Dia Rekomendasi Oli Motor Matic yang Bagus dan Bikin AwetBanyak Fitur Menariknya – Yuk Kenalan dengan Laptop Huawei Matebook D14 i3 – Cek Kelebihannya Disini

Perhatikan tapak ban

Terkadang Anda malas mengganti ban, padahal sebenarnya demikian tidak memakan waktu lama. Sehingga Anda tidak bisa lagi menunda-nunda penggantian ban saat musim hujan. Apalagi jika tapak ban sejajar dengan alurnya. Jika tidak, ban akan mudah tergelincir di jalan.

Beralih ke nitrogen (N2)

Mengisi ban dengan nitrogen tampaknya lebih mahal. Namun perlu Anda ketahui bahwa nitrogen mampu menjaga keawetan ban sehingga bertahan lebih lama. Makanya ada baiknya mengganti tekanan ban dengan nitrogen di tengah musim hujan, bukan?.

Periksa tekanan ban secara teratur.

Tekanan udara yang terlalu rendah akan memperluas permukaan kontak antara ban dan jalan, sehingga meningkatkan gesekan dan mempercepat keausan. Sebaliknya, tekanan udara yang terlalu tinggi dapat mengurangi bidang kontak dan mempengaruhi keseimbangan sepeda motor.Jadi selalu periksa dan sesuaikan tekanan ban sesuai anjuran pabrikan sepeda motor. Anda bisa melakukan hal ini minimal seminggu sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh.

Menjaga ventilasi udara dan tekanan ban

Ventilasi udara yang bocor atau bocor dapat menurunkan tekanan udara secara perlahan. Selalu periksa kipas angin dan pastikan dalam kondisi baik. Jika perlu, gantilah dengan yang baru. Penting juga untuk memperhatikan tekanan ban. Ban yang kurang kencang dapat menyebabkan masalah keseimbangan dan stabilitas saat berkendara. Hal ini menimbulkan risiko serius bagi keselamatan Anda..

 

0 Komentar