Hadirkan Inovasi SF6 Presure Recycling Tools

Hadirkan Inovasi SF6 Presure Recycling Tools
0 Komentar

PT PLN (Persero) Menerapkan Inovasi S-PRESO untuk Mendukung Operasional dan Pemeliharaan Instalasi Transmisi

PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Transmisi Cirebon telah menghadirkan inovasi SF6 Pressure Recycling Tools atau S-PRESO sebagai pendukung operasional dan pemeliharaan instalasi transmisi. S-PRESO berfungsi sebagai alat untuk memindahkan gas dari pemutus tenaga (PMT) ke dalam tabung penampungan.

Manajer PLN UPT Cirebon, Yaya Supriman, menyatakan bahwa kehadiran S-PRESO memiliki peran penting dalam menjawab isu lingkungan. Penggunaan gas SF6 memiliki dampak terhadap pemanasan global dan perubahan iklim karena gas ini tergolong sebagai gas rumah kaca. Namun, di sisi lain, fungsi SF6 sebagai medium gas isolasi untuk memadamkan percikan api pada peralatan PMT di gardu transmisi belum tergantikan hingga saat ini.

Baca Juga:Turun Ke Cirebon Bantu MasyarakatBanyak Laporan Keluar Masuk Kendaraan Berat

Kehadiran S-PRESO diharapkan dapat menurunkan potensi gas SF6 yang terlepas ke udara bebas dalam setiap kegiatan pemeliharaan pada peralatan PMT di gardu transmisi. Serangkaian uji coba telah dilakukan untuk memastikan fungsi S-PRESO memenuhi kebutuhan operasi dan pemeliharaan PT PLN (Persero). Proses fabrikasi yang mudah diharapkan akan mempercepat penyediaan alat ini pada gardu-gardu transmisi.

Yaya Supriman menambahkan bahwa masuknya S-PRESO sebagai nominasi dalam seleksi Penghargaan Karya Inovasi (SPKI) PT PLN (Persero) tingkat nasional menjadi bukti kelayakan fungsi dari alat ini.

Sementara itu, General Manager PLN Unit JBT, Tejo Wihardiyono, menegaskan bahwa karya inovasi S-PRESO menjadi komitmen PT PLN (Persero) dalam mewujudkan program ESG (Environmental, Social, and Governance) melalui perbaikan tata kelola operasi dan pemeliharaan perusahaan. Peluang perbaikan dalam inovasi ini masih terbuka lebar untuk mewujudkan komitmen PLN dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan.

0 Komentar