Waspada Efek yang Tidak Baik untuk Anak-anak, 5 Efek Buruk Makan Mie Instan yang Harus Dihindari

efek makan mie
halodoc.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Apakah kamu termasuk orang yang suka mengonsumi mie instan? Sebetulnya makan mie instan ini sah-sah saja, namun kamu juga harus memperhatikan berapa banyak mie yang harus dikonsumsi. Dikarenakan ada beberapa efek makan mie instan untuk tubuh jika terlalu berlebihan.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam mie instan ini tidak aman untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi oleh anak kecil. Walaupun mie instan ini mudah untuk disajikan dan rasanya enak, kamu juga perlu waspadai beberapa bahaya yang berisiko. Ini dia beberapa efek mie instan yang tidak baik untuk tubuh.

Efek Makan Mie Instan

1. Kenaikan Berat Badan

Efek makan mie instan secara berlebihan ini bisa menaikan berat badan kamu. Tidak hanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, asupan lemak yang berlebih juga bisa megakibatkan anak mengalami kenaikan berat badan bahkan obesitas. Penyebab yang bisa dirasakan, seperti:

Baca Juga:Anak Kos Wajib Tahu! Ini Dia 4 Bahaya Mengonsumsi Mie Instan Secara Rutin dan SeringKenali 5 Fakta Nutrisi Mie Instan Pasti Belum Banyak yang Tahu, Apakah Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

  • Meningkatkan risiko diabetes tipe 2,
  • Ketidakseimbangan hormonal,
  • Gangguan pertumbuhan tulang,
  • Penyakit pada sendi,
  • Berisiko penyakit pada paru-paru,
  • Berisiko penyakit jantung

2. Risiko Penyakit Jantung 

Kemudian bisa juga menimbulkan risiko penyakit jantung karena mie instan ini biasanya tinggi akan lemak, terutama lemak jenuh. Nah, lemak pada makanan berfungsi untuk memberi rasa dan tekstur. Sebetulnya bagi anak-anak juga membutuhkan lemak untuk membentuk jaringan saraf serta hormon, juga sebagai cadangan energi. Namun, apabila jumlahnya berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kandungan lemak pada mie instan ini termasuk ke dalam jenis lemak jenuh. Akibatnya, jika anak sering makan mie instan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) dalam tubuhnya akan meningkat.

3. Anak Bisa Lebih Hiperaktif

Mie instan ini diduga menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung berbagai macam zat aditif mulai dari pengawet hingga pewarna buatan. Kandungan zat pewarna dan pengawet pada makanan bisa berisiko pada perilaku anak. Selain itu, berhubungan dengan gangguan hiperaktif dan gangguan perilaku pada anak seperti ADHD (Attention-Deficit Hyperactivity Disorder).

4. Hipertensi Pada Anak

Efek makan mie instan ini bisa memicu hipertensi pada anak. Mie instan memiliki kadar garam yang relatif tinggi. Jika jumlah kadar natrium sudah cukup besar untuk orang dewasa, bagi anak bisa jadi sudah melebihi kebutuhan natrium dan sodium dalam sehari. Tekanan darah yang tinggi ini merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

***

0 Komentar