Anak Kos Wajib Tahu! Ini Dia 4 Bahaya Mengonsumsi Mie Instan Secara Rutin dan Sering

bahaya mie
pemburuombak.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV– Sebetulnya bahaya mie instan ini ada pada kandungan bahan di dalamnya, misalnya garam dan monosodium glutamat (MSG). Apabila dikonsumsi terlalu sering, maka kedua kandungan tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Kebanyanyak mie instan yang dijual ini tersedia di dalam bentuk mie kering dan dilengkapi dengan bumbu siap konsumsi. Proses pengolahan mie instan juga terbilang cukup mudah, sehingga sering dijadikan sebagai menu makanan saat kelaparan di malam hari maupun di tengah kesibukan. 

Untuk cara mengonsumsinya ini hanya merebus mie dengan air mendidih dan mencampurnya dengan bumbu yang telah tersedia. Namun, ternyata di balik kelezatannya, ada bahaya mie instan yang bisa mengintai apabila dikonsumsi terlalu sering. Maka tidak heran jika mie instan sering disebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan karbohidrat, lemak, dan garam yang tinggi. Berikut ini beberapa bahaya mie instan bagi tubuh.

Baca Juga:Bisa Menyebabkan Obesitas dan Keguguran, Kenali 6 Dampak Buruk Mie Instan yang Tidak Baik untuk TubuhBisa Mengontrol Berat Badan! Bikin Kaget Ini Dia 6 Manfaat Mie Instan

Bahaya Mie Instan 

1. Tekanan Darah Tinggi

Kandungan bumbu yang ada di dalam mie instan ini biasanya mengandung garam atau natrium yang tinggi. Di dalam satu kemasan mie instan terkadnung sekitar 890 mg natrium. Sangat disarankan untuk setiap harinya tidak lebih dari 2.400 mg atau setara 6 gram garam. Serta bahaya lainnya ini mengonsumsi natrium yang terlalu banyak bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan rusaknya pembuluh darah.

2. Gangguan Ginjal

Memiliki kandungan garam yang tinggi ini bisa berdampak pada terganggunya fungsi ginjal, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Jika terganggunya fungsi ginjal bisa menyebabkan penumpukan natrium dan cairan di dalam tubuh. Hal tersebut bisa memicu terjadinya pembengkakan pada kaki serta penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru.

Maka kamu perlu memperhatikan kemasan mie instan yang digunakan. Ada mie instan yang dikemas dengan bahan menggunakan stirofoam yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA). Di mana bisa mengganggu cara kerja hormon dan memengaruhi perkembangan otak pada bayi dan anak-anak.

3. Gangguan Pencernaan

Bahaya mie instan berikutnya bisa menganggu pencernaan. Mie instan merupakan jenis makanan yang tidak mudah untuk dicerna, sehingga membuat kerja sistem saluran cerna menjadi lebih berat. Apabila dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak, bahaya mie instan yang satu ini bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

4. Penyakit Jantung

Mie instan pun menggunakan MSG (monosodium glutamat) untuk meningkatkan rasa menjadi lebih gurih dan nikmat. Namun, kandungan MSG dan natrium yang tinggi di dalam mie instan tidak hanya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga memicu berbagai gangguan pada jantung. Maka dari itu, penderita hipertensi dan gagal jantung disarankan untuk tidak mengonsumsi mie instan untuk menghindari bahaya mie instan ini.

***

0 Komentar