Tak Perlu Dicuci, Ternyata Ini 5 Cara untuk Menghilangkan Bau pada Sepatu

sepatu bau
Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu (Dominika Roseclay/Pexels)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Cara menghilangkan bau pada sepatu menjadi sebuah langkah perawatan yang perlu dilakukan. Pasalnya, tak dipungkiri akan muncul masalah seperti bau yang tak sedap dari sepatu. Munculnya bau pada sepatu menjadi hal yang mengganggu bahkan dapat membuat malu. 

Bau pada sepatu bisa diakibatkan dari berbagai hal. Misalnya keringat, jamur, dan bakteri. Apalagi sepatu yang sering digunakan, dapat menciptakan kondisi lingkungan yang lembab dan hangat sehingga dapat membuat bakteri dan jamur bisa tumbuh subur.

Jika hal itu terjadi, maka lakukan cara menghilangkan bau pada sepatu agar sepatu tetap bersih dan beraroma segar. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan agar bisa menghilangkan bau pada sepatu.

Baca Juga:Ketahui Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Kulit dengan Benar, Langkah Jitu untuk Membuat Sepatu Lebih AwetTak Lagi Salah Ukuran Saat Membeli Sepatu Online, Inilah Cara Mengukur Kaki Agar Mendapatkan Ukuran yang Tepat

Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

1. Gunakan Kantong Teh

Teh mempunyai aroma khas yang bisa membantu untuk menghilangkan bau pada sepatu. Pasalnya, teh mengandung tanin yang merupakan senyawa polifenol sehingga dapat membunuh bakteri. Cara untuk menggunakannya dengan mendidihkannya selama 3 menit lalu tiriskan. Diamkan selama semalam.

2. Gunakan Soda Kue 

Soda kue yang biasanya digunakan untuk menjadi pengembang kue rupanya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya dengan menaburkan soda kue ke dalam sepatu, lalu biarkan selama semalaman. Hal tersebut merupakan salah satu cara dan cara termudah yang bisa dilakukan dengan menggunakan soda kue.

3. Bubuk Kopi

Selain teh, bubuk kopi juga mempunyai aroma khas yang menyegarkan dan dapat membantu untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya dengan masukkan bubuk kopi yang telah dibungkus ke dalam tisu, lalu biarkan selama beberapa saat sampai bau pada sepatu hilang.

4. Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial merupakan jenis minyak dengan aroma yang segar dan biasa digunakan untuk kesehatan. Selain itu, minyak esensial bisa dimanfaatkan untuk menjadi pewangi pada sepatu sehingga dapat memberikan aroma yang segar pada sepatu. Cukup teteskan minyak esensial pada sepatu dengan jenis minyak esensial yang disukai.

5. Gunakan Spray Penghilang Bau Sepatu

Cara menghilangkan bau pada sepatu yang paling praktis yakni dengan menggunakan spray penghilang bau. Selain dapat memberikan aroma yang wangi, spray penghilang bau juga bisa membunuh bakteri. Untuk mendapatkannya, bisa ditemukan di berbagai penjualan online.

0 Komentar