Mempelajari Toleransi Di Tengah Perbedaan – Video

Mempelajari Toleransi Di Tengah Perbedaan
0 Komentar

Yayasan Haji Karim Oei, yang dipimpin oleh Hari Gani Saputra, telah mendirikan Masjid Lautze 3 di Cirebon sejak 22 Oktober 2022. Masjid ini, yang terletak di tengah-tengah pertokoan di Pekalipan, memiliki misi penting dalam memperkenalkan agama Islam kepada etnis Tionghoa dan sebagai tempat bimbingan serta silaturahmi bagi mualaf Tionghoa di Kota Cirebon.

Dibangun di tengah-tengah pertokoan Pekalipan, Masjid Lautze 3 yang berdiri sejak 22 Oktober 2022 membawa misi penting untuk menyebarkan agama Islam, serta sebagai wadah silaturahmi dan tempat bimbingan bagi mualaf etnis Tionghoa di sekitar Kota Cirebon. Meskipun sebelumnya sempat berpindah-pindah lokasi, masjid ini kini menempati tempatnya yang sekarang di bawah kepemimpinan Ketua Yayasan Haji Karim Oei, Hari Saputra Gani.

Pada hari biasa, Masjid Lautze 3 Cirebon sering mengadakan pengajian rutin bagi anak-anak di sekitar kawasan Pekalipan setiap hari Senin hingga Kamis, serta pengajian untuk dewasa setiap Senin malam yang dibimbing oleh beberapa organisasi Islam di Cirebon.

Baca Juga:Pengisian Baterai Kendaraan Listrik SPKLU PLN Meningkat – VideoPenggunaan Home Charging PLN di Jabar Meningkat – Video

Pada bulan Ramadan ini, masjid tetap dibuka untuk umum untuk pelaksanaan buka puasa (iftar) ataupun shalat tarawih, dengan kapasitas 80 jamaah ikhwan di lantai 1 dan jamaah akhwat di lantai 2. Hal ini sangat memudahkan pekerja, pengunjung, atau musafir yang melewati jalan sekitar Pekalipan.

Ketua DKM Lautze 3, Ahmad Humaini, menjelaskan bahwa beberapa ornamen khas Tionghoa masih dipertahankan pada masjid, sekaligus memperkenalkan Islam secara baik dan memberikan kesan yang familiar bagi kawasan sekitar Pekalipan yang banyak dihuni oleh etnis Tionghoa.

Status kepemilikan ruko yang masih mengontrak dan akan habis pada bulan Oktober tahun ini membuat pengurus serta DKM Lautze 3 Cirebon berharap dapat terus melanjutkan syiar agama Islam di sekitar Pekalipan, serta menjadi tempat aman dan membimbing bagi mualaf Tionghoa agar menjadi muslim yang dapat membawa rahmat bagi sekitarnya.

0 Komentar