Petani Minta Normalisasi Dilakukan Saat Kemarau – Video

Petani Minta Normalisasi Dilakukan Saat Kemarau
0 Komentar

Pemerintah Desa Suranenggala meminta normalisasi sungai dilakukan saat kemarau. Pasalnya, normalisasi tidak akan maksimal jika dilakukan di musim penghujan.

Normalisasi sungai Kebayanan di Desa Suranenggala, Kabupaten Cirebon, menjadi target yang diharapkan oleh petani dan pemerintah desa setempat. Sedimentasi yang tinggi dan lebar sungai yang menyempit mengakibatkan berkurangnya daya tampung air. Bahkan, ketika debit air tinggi, sungai Kebayanan sering meluap dan membanjiri pemukiman serta area lahan pertanian masyarakat. Pemerintah desa setempat sudah berupaya mengajukan permohonan normalisasi, namun hingga saat ini belum ada realisasi.

Menurut perangkat Desa Suranenggala, normalisasi yang ideal harus dilakukan ketika musim penghujan agar bisa dilakukan secara maksimal saat debit air sedikit.

Baca Juga:Sertijab Danrem 063/SGJ – VideoDinas Kehutanan Jabar Tanam Mangrove di Mundupesisir – Video

Sementara itu, sungai Kebayanan memberikan dampak besar bagi keberlangsungan sektor pertanian masyarakat karena menjadi sumber air untuk mengairi ratusan bahkan ribuan hektar lahan pertanian.

Pemerintah desa dan petani berharap pemerintah maupun Badan Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung bisa segera melakukan upaya normalisasi sungai.

0 Komentar