Peringati Hari Kartini, Siswa Ajak Hilangkan Diskriminasi – Video

Peringati Hari Kartini, Siswa Ajak Hilangkan Diskriminasi
0 Komentar

Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024, para siswa Sekolah Dasar Negeri Majalengka Kulon 2 mengikuti kegiatan karnaval sambil mengenakan pakaian adat. Hal ini dilakukan selain untuk menanamkan sikap nasionalis, juga sebagai upaya memperkenalkan adat budaya di pelosok Nusantara.

Semarak peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April dirayakan dengan beragam kegiatan unik oleh para pelajar, salah satunya yang dilakukan oleh para siswa SD Negeri Majalengka Kulon 2. Para siswa berbondong-bondong mengikuti kegiatan karnaval dengan mengenakan berbagai pakaian adat mulai dari Sunda, Betawi, hingga Bali. Mereka terlihat semangat berjalan santai mengelilingi pusat perkotaan mulai dari kawasan alun-alun, gedung DPRD, hingga kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka.

Salah seorang guru, Wiwin Winarwi, mengungkapkan bahwa selain untuk mengenalkan adat daerah pada para siswa, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menanamkan karakter dari pahlawan nasional R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak dan emansipasi perempuan di Indonesia.

Baca Juga:Tradisi Ngunjung Buyut Cabuk Desa Warukawung – VideoPeringatan Haul Syekh Kilobama – Video

Sementara itu, salah seorang siswi, Anisa, mengaku sangat mengagumi sosok R.A. Kartini, dan dengan dirinya akan menerapkan karakter pahlawan nasional itu dengan menerapkan hidup disiplin dan rajin belajar.

Pihak sekolah berharap bahwa dengan digelarnya kegiatan ini juga dapat memberikan pemahaman kepada siswa agar tidak terjadi diskriminasi gender, alias seorang perempuan pun memiliki hak yang sama dalam hal apapun, baik pendidikan hingga pekerjaan, dengan kaum laki-laki.

0 Komentar