Tradisi Ngunjung Buyut Cabuk Desa Warukawung – Video

Tradisi Ngunjung Buyut Cabuk Desa Warukawung
0 Komentar

Sementara itu, berbagai tradisi kebudayaan pun terus dilestarikan oleh pemerintah desa. Tidak hanya Mundu Pesisir yang menggelar haul, kegiatan Ngunjung Buyut Cabuk dilakukan oleh Pemdes Warukawung dengan melakukan napak tilas dan tilik wates desa serta pentas seni budaya.

Kegiatan Ngunjung Buyut Cabuk digelar oleh Pemerintah Desa Warukawung, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon pada Sabtu pagi. Kegiatan ini diawali dengan tapak tilas dan tilik wates desa, yaitu melihat batas desa di wilayah setempat.

Setelah menyusuri jalan desa dan melintas di jalan usaha tani, kemudian digelar pentas seni dan budaya dengan berbagai kesenian tradisional khususnya tari topeng, yang diiringi gamelan yang khas.

Baca Juga:Bubur Sop Lawanggada Wa Darmin – VideoFadli Terpaksa Putus Sekolah Di Kelas 5 Sekolah Dasar – Video

Kegiatan Ngunjung Buyut ini diikuti ratusan warga desa setempat. Kuwu Warukawung mengatakan bahwa tradisi tapak tilas dan tilik wates desa bertujuan untuk melihat sejarah dan budaya warga. Tentu saja maknanya agar warga memiliki semangat membangun desa dan melihat sejauh mana pembangunan yang ada di desa, khususnya jalan usaha tani.

Sementara itu, Pemerintah Desa juga menyadari masih banyak kekurangan yang ada di desa, sehingga perlu kolaborasi antara pemerintah, warga, dan dunia usaha untuk membangun desa agar bisa menjadi desa mandiri dan maju.

0 Komentar