Inilah 7 Faltor yang Menyebabkan Kulkas Tidak Menjadi Dingin Meskipun Lampu Menyala

Foto
Foto/Kulkas tidak dingin (blibli.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sebab suhu dingin dalam kulkas dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan, kulkas adalah perabot yang paling di andalkan untuk menyimpan makanan di rumah agar tidak basi. Apa yang terjadi jika, padahal lampunya menyala, kulkas tidak dingin?

Masalah kulkas yang tidak dingin ini cukup umum terjadi, tetapi akan sangat merepotkan jika tidak segera diselesaikan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus tahu apa yang menyebabkan kulkas tidak dingin tetapi lampu menyala. Baca penjelasannya di bawah ini!

1. Terlalu banyak makanan dalam kulkas

Selain itu, penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala adalah isi kulkas yang terlalu penuh. Jika makanan bertumpuk dan berantakan di dalam kulkas, pendingin kulkas menjadi tidak efisien. Akibatnya, aliran udara di dalam kulkas kurang merata.

Baca Juga:Inilah 7 Rekomendasi Merek Smartwatch Berharga Rp2 Juta dengan Fitur CanggihMemilih untuk Menggunakan Versi Demo atau Versi Full: Inilah 7 Cara Aman dan Mudah untuk Aktivasi Windows 10

Untuk mengatasi hal ini, sortir kembali isi kulkas, seperti makanan yang sudah basi atau buah-buahan yang tidak perlu di simpan di dalamnya, dan kurangi jumlah makanan yang ada di dalamnya.

2. Kipas evaporator kulkas rusak

Kipas evaporator kulkas rusak, yang mengatur aliran udara dari freezer ke bagian lain kulkas. Jika kipas ini rusak, aliran udara di dalam kulkas menjadi tidak merata. Ini adalah alasan lain mengapa kulkas tidak dingin tetapi lampunya menyala.

Kulkas satu pintu biasanya mengalami masalah ini. Untuk mengembalikannya ke kondisi terbaiknya, kamu dapat membawa kulkas ke tukang servis barang elektronik yang kamu percayai.

3. Freon pendingin bocor

Kebocoran freon juga menyebabkan kulkas tidak bekerja sepenuhnya. Kebocoran freon biasanya terjadi karena kerusakan pada evaporator, yang menyebabkan kulkas dan freezer tidak dapat menyerap panas. Jadi, udara di kulkas tidak sedingin biasanya.

Agar kulkas kamu dapat di perbaiki segera, hubungi tukang servis atau bawa kulkas kamu.

4. Kipas kondensor kulkas bermasalah

Kulkas memiliki kipas kondensor dan kipas evaporator, masing-masing dengan fungsi yang berbeda, tetapi kegagalan salah satunya akan memengaruhi suhu kulkas.

Karena kipas kondensor mendinginkan kondensor dan koil kompresor, jika rusak, udara panas akan terjebak di dalam kulkas.

Baca Juga:Tipe dan Merek HP Bervariasi dalam Harga: Inilah Daftar Harga Ganti LCD HP Terbaik dan Terlengkap untuk 2024Sudah Tidak Perlu Menulis Manual Lagi: Inilah Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

5. Lokasi penempatan kulkas yang salah

Selain penyebab kulkas tidak dingin, penempatan lampu menyala juga dapat menjadi penyebabnya. Jika di letakkan di dekat peralatan dapur yang menghasilkan panas, seperti oven atau kompor, udara dingin dalam kulkas akan terasa lebih hangat karena suhu dari oven atau kompor akan memancar ke kulkas, meningkatkan suhu di sekitarnya.

6. Ada kerusakan pada termistor

Selain itu, jika lampu menyala tetapi kulkas tidak dingin, kamu harus memeriksa bagian termistornya. Ini karena termistor mungkin mengalami kerusakan.

Jika termistor rusak, suhu kulkas tidak akan sedingin biasanya; namun, suhunya bisa terlalu dingin hingga membuat makanan beku.

7. Pintu pendingin rusak

Salah satu alasan lain yang sering terjadi bahwa kulkas tidak dingin meskipun lampunya menyala adalah karena pintunya rusak. Karet pintunya mengendur, yang mencegah pintu tertutup rapat, dan menyebabkan udara masuk ke dalam kulkas, menurunkan suhu di dalamnya.

Oleh karena itu, ini hanyalah beberapa alasan mengapa kulkas tidak dingin, tetapi yang paling umum adalah lampu menyala. Jika masalah ini juga terjadi pada kulkas kamu, segera hubungi tukang servis untuk memperbaikinya.

0 Komentar