Pastikan Ponsel Memiliki Baterai Setidaknya 30%: Inilah Dua Cara Mudah dan Cepat untuk Mereset HP Vivo!

Foto
Foto/HP Vivo (qoala.app)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Bagaimana saya bisa mengembalikan HP Vivo setelah saya lupa passwordnya? Untuk mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, ikuti langkah-langkah ini. Mereset ponsel dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi sampah HP karena memiliki banyak fungsi. Ini akan meningkatkan performanya dengan mengosongkan RAM dan memori.

Cara tercepat untuk “mengobati” ponsel setelah serangan malware adalah mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Ini berlaku bahkan ketika ponsel tidak terkena serangan malware. Ketika gawai dijual atau ditransfer, cara reset HP ini harus dilakukan. Tujuannya adalah untuk mencegah pencurian data yang mungkin terjadi di ponsel.

Terdapat dua metode. Metode pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan. Apabila kamu masih memiliki akses ke kunci layar, metode kedua adalah dengan menekan tombol fisik ponsel. Ketika ponsel tidak dapat dibuka atau lupa kata sandi, langkah mereset HP Vivo ini sangat membantu.

Baca Juga:Sangat Berbeda dari Versi Sebelumnya! Inilah Perbedaan Utama Antara TECNO Camon 20 Pro dan TECNO Camon 30 ProInilah 4 Produk Air Fryer Mito Terbaik untuk 2024 dengan Harga Mulai Rp500 Ribuan

1. Cara mereset HP Vivo menggunakan pengaturan

Cara ini sangat mudah jika kamu memiliki akses penuh ke ponsel atau tidak lupa kata sandi. Karena menu kembali ke setelan pabrik tersedia untuk setiap ponsel, pun tidak terlalu rumit.

Sebelum melanjutkan ke proses mereset HP Vivo yang diuraikan di bawah ini, sangat disarankan untuk menyimpan semua informasi penting di memori cadangan juga dikenal sebagai memori cadangan karena ponsel akan diatur ulang ke setelan pabrik, membuatnya benar-benar kosong.

Untuk memaksimalkan proses reset, pastikan baterai terisi setidaknya 30%. Jika tidak, ponsel dapat kehabisan daya selama proses reset, yang mengakibatkan hasil yang kurang memuaskan.

Apabila sudah siap, kamu dapat mengakses menu pengaturan untuk mengikuti instruksi langkah demi langkah untuk mereset ulang ponsel.

  1. Buka menu pengaturan HP Kamu tentu tidak kesulitan menemukan menu dengan ikon umum bergambar gerigi. 2. Klik opsi ‘More Settings’ atau ‘Pengaturan Lainnya’Untuk menemukan opsi ini, kamu bisa menggulir layar hingga beberapa kali. Biasanya berada di pertengahan menu. 3. Pilih ‘Backup and Reset’Jika ponselmu diatur ke dalam bahasa Indonesia, maka pilih menu ‘Cadangkan dan Reset’.4. Pilih ‘Erase All Data’Setelah mengklik langkah sebelumnya, akan muncul pop-up yang berisi pilihan pencadangan. Kamu tinggal pilih erase all data atau ‘Hapus Semua’ untuk mengosongkan ponsel kembali seperti baru.5. Centang ‘Format Phone Storage’ dan klik ‘Clear Now’Jika sudah mantap dan data penting sudah di-backup, maka kamu bisa melanjutkan langkah dengan mencentang ketentuan yang diminta. Lalu klik tombol ‘Clear Now’ atau bersihkan sekarang guna memulai restart.

Kamu mungkin diminta untuk memasukkan kata sandi layar yang biasa kamu gunakan untuk membuka HP.

Secara umum, setiap HP Vivo memiliki menu kembali ke pengaturan pabrik yang tersedia; namun, antarmuka sistem mungkin memiliki nama dan penempatan yang berbeda untuk setiap versi, dan kadang-kadang diperlukan langkah tambahan untuk menemukan menu “Erase All Data”.

Ponsel akan otomatis melakukan pengosongan dan kembali ke pengaturan pabrik setelah melakukan prosedur di atas. Membutuhkan waktu beberapa saat hingga proses ini benar-benar berhasil. Ya, hindari mematikan ponsel saat proses restarting berlangsung.

Baca Juga:Sudah Tahu Jenisnya: Mari Cari Tahu Apa yang Dimaksud Freon AC? Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnyaDadah Iklan! Inilah 9 Metode atau Cara untuk menghapus Iklan Pada HP Android Berbagai Merek

2. Cara menggunakan mode recovery untuk merestart HP Vivo

Bagaimana saya bisa mereset HP Vivo yang lupa password? Kamu dapat mencoba metode reset HP Vivo dengan tombol ini melalui recovery mode. Menu recovery mode ini sedikit tersembunyi, berbeda dengan menu pengaturan yang dapat diakses dengan mudah.

Untuk mereset HP Vivo dengan masuk ke mode pemulihan, langkah-langkah berikut harus diikuti:

  1. Matikan ponsel seperti biasaJika masih memiliki akses, kamu bisa mematikan ponsel melalui menu pengaturan. Namun apabila lupa password, cukup tekan tombol power sekian detik untuk otomatis mematikan ponsel.2. Pastikan HP sudah dalam keadaan matiUntuk bisa masuk ke mode pemulihan, kamu perlu menunggu proses penonaktifan tuntas. Berikan jeda sejenak untuk memastikan ponsel sudah dalam keadaan tidak aktif.3. Tekan tombol power + volume upLakukan selama beberapa detik. Jika tombol telah ditekan secara bersamaan, maka ponsel akan secara otomatis masuk ke menu recovery mode. Lepaskan tombol jika sudah muncul tulisan ‘Fastboot Menu and Recovery’ di layar. 4. Pilih opsi ‘Recovery Mode’Masuk ke menu fastboost mode lalu klik ‘Recovery Mode’ untuk membuka menu penghapusan data ponsel. 5. Pilih ‘Wipe Data’ atau ‘Factory Reset’Di sini, kamu akan mendapati beberapa opsi yang bisa kamu lakukan pada ponsel. Termasuk reboot system, system repair mode, juga install update. Karena ingin mengatur ulang ponsel, maka pilih ‘wipe data’ atau ‘factory reset’.6. Kembali pilih ‘Wipe Data’Selanjutnya akan muncul menu penghapusan. Termasuk pilihan penghapusan sebagian, mengembalikan pengaturan ke manual, juga penghapusan data. Klik opsi ‘Wipe Data’.

Sebelum proses reset dimulai, pastikan data telah dihapus jika diperlukan, dan ini akan memakan waktu beberapa saat. Setelah selesai, tekan tombol “Balik” untuk kembali ke halaman awal mode pemulihan.

Untuk mengaktifkan ponsel kembali, pilih opsi “Reboot System”. Ponsel akan reboot secara otomatis dan siap digunakan kembali.

Untuk informasi tambahan, beberapa model HP Vivo mungkin tidak mendukung layar sentuh saat masuk ke menu recovery mode. Jika begini, pilih untuk navigasi naik dengan tombol volume up dan turun dengan tombol volume down. Untuk mengonfirmasi pilihan, tombol kekuatan berfungsi sebagai “ok”.

Cara reset HP Vivo mudah, bukan? Sekarang ponsel kamu telah kembali ke pengaturan pabrik, dan kamu dapat menyesuaikannya kembali sesuai kebutuhan.

0 Komentar