Mahalini Menjalani Mepamit, Mahalani Siap Menikah Meminta Ijin Kepada Keluarga dan Leluhur

mahalani siap menikah/suara.com
mahalani menjalani mepamit siap untuk menikah
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Komedian Sutisna alias Sule menegaskan anaknya, Rizky Febian, belum resmi menikah dengan Mahalini.

Ia menjelaskan prosesi adat yang di jalani Mahalini di Bali hanya salah satu rangkaian menuju hari pernikahan mereka.

“Ini adalah sebuah rangkaian, di luar sana bilang ini prosesi pernikahan salah, tapi mepamit, biar tidak salah paham dan salah sangka,”

Baca Juga:Kapan Libur Kenaikan Isa Almasih 2024? Daftar Libur Hari Kenaikan Isa Almasih, Cek disini..Kanker Pankreas Menyerang Semua Kalangan Usia, Simak Selanjutnya..

Sule dan anak-anaknya memang sempat menghadiri prosesi mepamit atau mejauman yang dilakukan Mahalini. Prosesi pamitan terhadap para leluhur menurut Hindu Bali itu dijalani Mahalini di kediamannya di kawasan.

Sule menjelaskan kedatangan mereka ke rumah Mahalini untuk menjadi saksi dan meminang. Bapak lima anak itu berharap tak ada yang salah paham dan mengira prosesi tersebut adalah acara pernikahan Mahalini dengan Rizky Febian.

“Jadi kami akan jadi saksi, kami menyaksikan di sana. Pamitan calon mempelai perempuan pada keluarga dan leluhurnya. Kami meminta izin untuk membawa dan nanti akan bertanggung jawab,” imbuhnya.

Rizky Febian tampak setia mendampingi prosesi adat yang dilakukan oleh calon istrinya itu. Ia duduk di sebelah Mahalini saat prosesi tersebut berlangsung sekitar pukul 11.00 Wita.

Upacara itu hanya diikuti Mahalini sebagai simbol untuk memohon restu kepada leluhur dan sebelum naik jenjang pernikahan.

Sementara itu, Rizky hanya turut menyaksikan prosesi itu dari awal hingga akhir. Acara berlangsung khidmat dengan diiringi gamelan Bali yang dimainkan oleh sekaa gong di kediaman Mahalini.

Setelah prosesi mepamit itu, Sule melanjutkan, Mahalini sudah mendapatkan restu untuk melangsungkan pernikahan sesuai keyakinan yang dianut Rizky Febian. Adapun, prosesi ijab kabul Rizky dan Mahalini akan digelar di Jakarta pada Rabu (8/5/2024)

Baca Juga:5 Kebiasaan Etika Dan Sopan Santun di Kehidupan Sehari-hariHasil Malaysia Open 2024 Ganda Campuran Lolos 16 Besar

“Alhamdulillah guys semua sudah selesai, ini tuh acara mepamit, pamitan dari keluarga dan leluhurnya Lini. Bahwasannya Lini berpindah agama dan sudah diizinkan dan sudah diperbolehkan menikah secara agama kami nanti di Jakarta,” kata Sule.

Prosesi mepamit yang dilakukan Mahalini di Bali sekaligus menjadi momen Rizky Febian untuk meminang calon istrinya itu sebelum masuk ke jenjang pernikahan.

Prosesi ini lumrah dilakukan oleh warga Bali yang anak perempuannya akan menikah. Ada pula tradisi otonan atau perayaan hari kelahiran yang digelar di bale gede kediaman Mahalini.

“Doa kami semoga pasangan diberikan restu, diberikan rezeki dan hidup langgeng. Seperti itu pasti harapan kita semua,” ungkap Ida Mpu Rastra Dwijananda, pemuka agama yang juga kerabat keluarga Mahalini, saat ditemui seusai acara

 

0 Komentar