Cegah Penyakit Berbahaya dengan Langkah Berikut, Gunakan Bahan Alami Ini untuk Mengusir Nyamuk

lavender
Ilustrasi Lavender (nationalgeographic.grid.id-radarkuningan.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Demam berdarah merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Meskipun kecil, nyamuk merupakan serangga yang berbahaya yang tak hanya bisa menyebabkan demam berdarah saja, namun juga penyakit lainnya seperti malaria, chikunguya, dan lainnya.

Ada juga efek lainnya yang dapat dirasakan dari gigitan nyamuk yakni bentol dan menyebabkan gatal yang membuat penderitanya akan terus menggaruk karena rasa gatal yang mengganggu. Maka agar terhindar dari risiko tersebut, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk. 

Cara untuk mengusir nyamuk bisa menggunakan sejumlah bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah. Cara ini juga menjadi cara yang sederhana dan juga tak kalah ampuh untuk mengusir nyamuk selain menggunakan obat-obatan yang biasa dijual di pasaran.

Baca Juga:Perpaduan Kuliner yang Unik dari Banyuwangi: Mengenal Lebih Banyak Tentang Rujak SotoMengenal Sajian yang Menyegarkan Khas Malang Bernama Rujak Gobet

Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Beberapa bahan alami untuk mengusir nyamuk, beberapa diantaranya bisa didapatkan dengan mudah hanya dari dapur. Misalnya saja serai. Selain biasa digunakan untuk memasak, namun serai yang memiliki kandungan citronella atau minyak alami tersebut, dinilai mampu untuk mengusir serangga termasuk nyamuk.

Kemudian, untuk bahan dapur lainnya, bisa menggunakan bawang putih. Sama seperti serai, bawang putih yang biasa gigunakan untuk memasak, dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk karena aromanya yang kuat dan tak disukai oleh nyamuk.

Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai pengusir nyamuk yakni dengan cara mengupasnya kemudian di potong menjadi beberapa siung. Setelah itu, beberapa siung bawang putih tersebut lalu ditaruh di tempat yang menjadi sarang nyamuk ataupun di sudut ruangan.

Bahan lainnya bisa menggunakan tanaman. Bagi penyuka tanaman, hal ini tentunya menjadi hal yang menggembirakan karena memiliki fungsi ganda. Pasalnya, selain dapat menghias rumah, tanaman juga dapat berfungsi untuk mengusir nyamuk.

Misalnya saja tanaman lavender. Konon, tanaman lavender mempunyai kairomon sebagai zat kimia yang menimbulkan aroma yang tidak disenangi oleh nyamuk. Lalu ada juga kemangi. Kemangi dinilai mampu untuk ‘membunuh’ nyamuk karena jika jentik nyamuk memakannya, maka akan mati.

Bagi yang senang minum kopi, bisa manfaatkan bubuk kopi di rumah untuk hal lain. Bubuk kopi rupanya tak hanya dapat menjadi minuman yang menyegarkan saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk kopi ke genangan air yang berada di sekitar rumah.

0 Komentar