Nikmatnya Cemilan Belalang Goreng

Nikmatnya Cemilan Belalang Goreng
0 Komentar

radarcirebon.tv – Siapa yang tidak tahu belalang. Binatang liar yang kerap menjadi hama bagi petani. Namun hal itu tidak terjadi bagi rumsiti, warga desa waringin kabupaten majalengka. Karena baginya, belalang menjadi bahan pokok untuk dibuat jajanan warga.

Rumsiti, warga Desa Waringin Kabupaten Majalengka, memiliki produk penjualan yang berbeda dengan lainnya. Karena jajanan yang dijual nya adalah belalang goreng. Salah satu hewan insecta yang kerap dianggap sebagai hama pertanian, ternyata dapat diolah menjadi makanan .

Untuk pengolahannya, belalang harus direbus terlebih dahulu dengan sejumlah penyedap rasa, seperti garam, asem, gula putih, serta micin. Setelah matang, belalang digoreng hingga kering. Setelah itu, belalang dibungkus plastik dan dijual kepada masyarakat. Tidak hanya menjadi jajanan, belalang goreng juga kerap dijadikan lauk makan.

Baca Juga:Operasi Pekat, Polisi Amankan 6 WargaRibuan Bendera Merah Putih Hiasi Linggarjati

Rumsiti mengaku tidak jijik dengan belalang. Karena mengolah makanan belalang ini sudah turun temurun. Bahkan ia menjual belalang goreng ini sudah tiga puluh tahun. Sehingga sudah terbiasa untuk memburu belalang di pertanian warga.

Untuk penjualannya, satu bungkus belalang goreng dihargai sebesar dua ribu rupiah. Salah satu warga yang membeli mengakui, meskipun memiliki bentuk yang aneh, namun rasa belalang goreng sangat enak, karena ada manis asam. Menarik untuk dimakan saat nongkrong.

Setiap hari, rumsiti menggoreng belalang hingga belasan kilogram. Belalang berasal dari pertanian warga. Jika membeli belalang dari penjual, satu kilogram belalang dihargai sebesar empat puluh ribu rupiah. (Udin Pepeh)

0 Komentar