.

Keistimewaan 23 Januari 2023 Cuti Bersama yang Berbeda

cuti bersama
LIBUR IMLEK. Pemerintah menetapkan tanggal 23 Januari 2023 merupakah hari libur cuti bersama

 

Keistimewaan 23 Januari 2023 Cuti Bersama yang Berbeda

RADARCIREBON.COM – 23 januari 2023 cuti bersama tahun baru imlek akan beberbeda pada tahun – tahun sebelumnya karena tahun 2023 ini adalah cuti bersama terpanjang pada tahun baru imlek ini.

Pada januari 2023 hanya ada 2 cuti bersama yaitu pada tanggal 1 januari 2023 memperingati cuti bersama tahun baru dan tanggal 23 januari 2023 memperingati cuti bersama imlek.

Berbeda dari cuti bersama tahun sebelumnya yang hanya 2hari, oleh karna itu pada tahun 2023 ini akan lebih berbeda, yakni 2 hari dari tanggal 22 januari sampai 23 januari 2023 karena bertepatan hari sabtu sampai senin.

Tahun 2023 ini merupakan tahun baru imlek dengan shio kelinci air jatuh pada tanggal 22 januari 2023 hari minggu .

Tinggal hanya menghitung hari, masyarakat beragama konghucu dan masyarakat tionghoa akan segera menyambut tahun baru imlek .

Dari banyaknya hari besar di tahun 2023, hari cuti bersama imlek ini termasuk hari libur untuk menghormati orang yang merayakan hari raya imlek .

Tidak seperti hari besar lainnya yakni hari raya idul fitri, idhul adha,muharram dan lainnya yang cuti nya bisa 2 hari bahkan lebih untuk anak sekolah.

Oleh karena itu cuti bersama pada tahun ini sangat spesial karena berbeda. Dan mungkin saja akan di rayakan secara istimewa pula. Yang tidak merayakan pun ikut seneng karena ini cuti bersama, jadi menguntungkan pula bagi yang tidak merayakan pun.

Baca Juga : Menko PMK Demi Kemaslahatan Bersama, Tidak Ada Cuti Nataru

Setiap tahun pasti memiliki 365 hari, dan selama 365 hari itu pasti memiliki tanggal merah di setiap bulannya yakni hari besar.

Di setiap bulan pasti ada beberapa hari besar yang kalau dalam kehidupan sehari hari identik dengan hari libur seperti hari libur sekolah dan hari libur kerja.

Dan di bulan januari 2023 memiliki 3 tanggal merah yang arti serta perayaan yang beda-beda dan sangat di sayangi apabila dilewatkan begitu saja.

Karena, di tanggal merah ini bisa di gunakan untuk berkumpul bersama keluarga, teman yang singkatdan tidak akan terulang kembali karena memiliki kesan yang berbeda.

Adapun  3 daftar hari besar pada januari 2023 ini yang tidak jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya bahkan tidak akan beda sama sekali.

1.Minggu 1 januari, Tahun Baru Masehi.

Tahun Baru Masehi atau bisa juga di sebut malam pergantian tahun, yang dimana setiap orang memiliki pencapaian yang baru umtuk di tuju atau melanjtukkan tujuan yang belum tercapi di tahun sebelumya.

Biasanya kita berkumbul dengan keluarga, teman, untuk merayakan tahun baru seperti pesta  kembang api, bakar-bakar, makan-makan dengan keluarga, acara musik  untuk membri kesan yang meriah.

2.Minggu 22 Januari, Tahun Baru imlek.

Merupakn perayaan terpenting bagi orang tionghoa yang artinya perayaan untuk menyambut musim semi dengan bahagia dan penuh syukur.

Imlek memiliki arti dari bahasa mandarin yang artinya kebahagiaan tahun baru. Hari raya imlek ini di rayakan pada agama konghucu dan masyarakat tionghoa.

Pada tahun baru imlek mempunyai makanan wajib atau hanya di temukan pada hari imlek seperti  Siu Mie atau mie goreng yang di Lambangkan sebagai harapan untuk berumur panjang kedepannya. Lalu makanan wajib selain  siu mie ada juga ikan yang pada bahasa tionghoa memiliki arti rezeki .

3,Senin 23 januari, Cuti Bersama Tahun Baru Imlek.

Pada tahun  2023 ini akan menjadi libur panjang terlama di hari imlek ini yakni mulai sabtu 21 januari sanpai 23 januari 2023.

Baca Juga : Catat, Inilah 3 Daftar Hari Besar yang Menjadi Tanggal Merah Januari 2023

Tak hanya bulan januari yang memiliki tangal merah namun di bulan selanjutnya ferbruari hingga desember pun memiliki tanggal merah seperti 18 februari yang ditandai sebagai hari isra’ mi’raj yang memiliki banyak amalan apabila kita membaca al-qur’an, perbanyak istigfar dan lain sebaginya.

Di bulan maret pun ada tanggal merah yaitu hari suci nyepi dan cuti bersama hari suci nyepi yang di peringati pada tanggal 22 sampai 23 maret 2023. Hari suci nyepi ini adalah peringatan tahun saka bali. Dan pada hari itu semua orang yang beragam hindu melkukan tapa brata penyepian.

Dan masih banyk lagi tanggal merah di bulan april, me, juni, juli sampai desember. Dengan perayaan yang berbeda – beda  serta tujuan yang beda-beda dan arti yang berbeda-beda.

Demikian keistimewaan 23 januari 2023 cuti bersama serta 3 daftar tanggal merah januari 2023 ini, semoga tujuan yang belum tercapai pada tahun 2022 bisa tercapai pada tahun 2023 ini dan pada tahun 2023 ini kita semua bisa melewati tanggal merah yang penuh arti dengan baik .

 

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More